Hendra Setiawan Rencana Pensiun pada Akhir 2024

JAKARTA – Pebulu tangkis spesialis ganda putra, Hendra Setiawan, membuka kemungkinan untuk pensiun pada ujung tahun ini.

Pasangan dari Mohammad Ahsan tersebut mengatakan bahwa saat ini dia tengah mempertimbangkan untuk menutup karier di olahraga yang telah membesarkan namanya tersebut.

"Rencana ada, tetapi mungkin kami nanti melihat pada akhir tahun seperti apa. Saya juga harus berunding dulu sama keluarga. Jadi, nanti keputusan mungkin pada akhir tahun," ujar Hendra di Jakarta, Selasa, 24 September 2024.

Peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 tersebut saat ini memang sudah berada di ujung perjalanan karier. Dia sekarang sudah menginjak usia 40 tahun.

Sementara itu, partnernya Ahsan lebih muda tiga tahun darinya. Dengan usai itu, keduanya pun mulai kalah bersaing dengan pasangan-pasangan yang lebih muda.

Hendra pun semakin realistis dengan kenyataan tersebut sehingga menolak memasang target dalam turnamen-turnamen yang tersisa pada tahun ini.

"Tidak ada target apa-apa lagi karena lolos World Tour Final pun sudah pasti susah. Palingan tiga atau empat turnamen lagi yang bisa kami ikuti di sisa tahun ini," ujar Hendra.

Hendra/Ahsan dalam tiga turnamen terbaru mendapat hasil yang jauh dari kata memuaskan. Ketiga turnamen dimaksud adalah Jepang Open, Hong Kong Open, dan China Open 2024.

Dalam ketiga ajang itu, langkah mereka berhenti di babak pertama semua. Mereka berturut-turut kalah melawan Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana, Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani, dan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark).