Resmikan NextHub Global Summit 2024, Menkominfo Dorong Investasi di Agritech dan Aquatech

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Nexticorn Foundation, meresmikan perhelatan NextHub Global Summit 2024 di Kabupaten Badung, Bali. 

Menurut Menkominfo Budi Arie Setiadi, acara ini dimaksudkan untuk mempertemukan pelaku startup dengan investor agar mampu bertahan dan berkembang, serta menjawab tantangan tech-winter yang tengah dihadapi Indonesia. 

“Pertemuan ini untuk merevitalisasi lanskap teknologi di tengah tantangan ekonomi global, dengan mengundang 80 perusahaan rintisan tahap awal Indonesia dari berbagai sektor seperti healthtech, logistik, dan agritech, serta modal ventura global,” kata Budi dikutip Selasa, 24 September. 

Budi juga mengungkapkan peluang besar yang dimiliki oleh startup di sektor agritech dan aquatech. Karena menurutnya, pemerintah mengakui bahwa dua sektor ini sangat penting bagi percepatan ekonomi negara.

“Karena itu, saya mengharapkan setiap peserta yang hadir pada KTT ini untuk memperhatikan sektor-sektor potensial ini,” tegas Budi. 

Dia menilai, sektor pertanian dan perikanan memiliki dengan nilai pasar yang sangat menjanjikan dan dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru, apalagi dengan dukungan teknologi yang bisa membuat sektor ini dapat menjadi lebih produktif dan efisien. 

“Saya mendorong para startup untuk mengembangkan solusi inovatif yang dapat mengatasi tantangan di sektor ini, seperti rantai pasok yang panjang dan pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan,” pungkasnya.