Bikin Manchester City Frustrasi, Arsenal Cerdik atau Kotor?

JAKARTA - Arsenal membuat Manchester City frustrasi saat mereka bentrok pada pekan keenam Liga Inggris 2024/2025 di Stadion Etihad, Minggu, 22 September 2024.

Gol kontroversial The Gunners untuk menyamakan kedudukan 1-1 membuat seisi The Citizens marah.

Pep Guardiola sampai-sampai menendang kursi di bench. Kiper Ederson protes keras hingga mendapat kartu kuning.

Arsenal bahkan sempat berbalik unggul 2-1 melalui Gabriel Magalhaes pada menit ke-45+1.

Pasukan Mikel Arteta kemudian bermain dengan 10 pemain sepanjang paruh edua setelah Leandro Trossard diganjar kartu merah pada injury time babak pertama.

Hanya saja, unggul jumlah pemain tak serta-merta membuat Manchester City bisa dengan mudah menyamakan kedudukan dan berbalik unggul.

Arsenal malahan nyaris membawa pulang tiga poin andai John Stones tak mencetak gol penyeimbang pada menit 90+8. Kedua tim akhirnya harus puas dengan satu poin dengan skor 2-2.

City pun masih menyoroti taktik Arsenal yang membuat mereka frustrasi, salah satunya dari bek John Stones.

"Saya tidak tahu apakah mereka telah menguasainya (pertandingan). Mereka telah melakukannya selama beberapa tahun dan kami tahu itu bisa diharapkan."

"Anda bisa menyebutnya cerdik atau kotor, apa pun cara Anda menyebutnya," kata Stones kepada Manchester Evening News.

Stones mengakui hampir tak punya momentum untuk bangkit. David Raya dan para pemain bertahan Arsenal berusaha keras setiap detik untuk mengadang serangan The Citizens.

Tak hanya itu, para penggawa Arsenal juga berupaya keras membuang-buang waktu. Cara itu pun didukung wasit Michael Oliver yang enggan untuk menghentikan pemborosan waktu.

Semua dilakukan untuk meredam ritme permainan anak asuh Pep Guardiola. Meski demikian, dia layak bangga dengan rekan-rekannya yang bisa mengatasi permainan--entah kotor atau cerdik--milik Arsenal.

"Mereka memecah permainan. Jelas itu mengganggu ritme permainan semua orang. Mereka memanfaatkannya untuk keuntungan mereka. Saya pikir kami mengatasinya dengan sangat baik."

"Tidak mudah ketika hal-hal itu terjadi dan Anda mencoba untuk mendapatkan momentum. Anda mencoba untuk melangkah maju dan melampaui mereka. Penghentian-penghentian kecil itu menghentikan kami. Saya pikir kami mengatasinya dengan sangat baik."

"Saya pikir itu adalah sore yang sulit bagi kedua tim. Bagaimana mereka menghentikan permainan, bagaimana mereka menggunakan sisi sepak bola yang tidak banyak dilakukan tim, membuatnya sulit, memperlambatnya, membuat kiper turun ke lapangan untuk mendapatkan informasi."

"Kami harus mengendalikan emosi kami selama masa-masa itu. Saya merasa kami melakukannya. Itu adalah pertarungan yang bagus hari ini. Banyak tekel, beberapa keputusan konyol, tetapi sulit untuk mencerna semuanya setelah pertandingan," tutur Stones.

Hasil seri 2-2 kontra Arsenal membuat Manchester City masih kokoh di puncak klasemen Liga Inggris 2024/2024.

The Citizens belum terkalahkan dengan empat kemenangan dan satu seri.