Tanggapan Indra Sjafri soal Timnas Indonesia U-20 Bakal Jajal Lokasi Pemusatan Latihan di IKN

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, menyambut baik rencana skuadnya yang akan segera menempati lokasi training center (TC) PSSI di Ibu Kota Negara (IKN).

Lokasi TC PSSI di IKN tahap pertama sudah tuntas dibangun dan akan diresmikan pada 11 Oktober 2024. Timnas Indonesia U-20 akan menjadi tim pertama yang menjajal fasilitas tersebut.

Soal rencana itu, Indra Sjafri menyebutnya sebagai langkah positif dan meyakini bahwa saat di IKN nanti berbagai program latihan tim asuhannya dapat berjalan baik dengan fasilitas yang ada di sana.

"Bagus, memang buat di Timnas, tak perlu dipertanyakan. Kalau bisa secepatnya (berlatih di IKN), 'kan memang dibuat untuk kami. Bagus sekali," kata Indra Sjafri dalam keterangannya di Jakarta dikutip pada Senin, 23 September 2024.

Sebelum menjajal lokasi TC di IKN, Skuad Garuda Nusantara akan lebih dahulu berjuang di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Dalam ajang yang akan berlangsung di Stadion Madya, Jakarta, pada 25-29 September 2024, tim asuhan Indra Sjafri tergabung di Grup F bersama Maladewa, Yaman, dan Timor Leste.

Lokasi TC PSSI di IKN dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektar dengan anggaran dari bantuan FIFA. Lapangan di sana menggunakan rumput alami dan sintetis untuk menyesuaikan kebutuhan Timnas Indonesia.

Selain lapangan berlatih, fasilitas lain seperti asrama juga disediakan di lokasi. Asrama tersebut mampu menampung 138 orang dengan 56 kamar ganda untuk pemain, 20 kamar single bagi tim pelatih, serta enam suite untuk pelatih kepala.

TC PSSI itu juga terdapat fasilitas pendukung, seperti ruangan untuk fisioterapi, gym, dan penanganan medis.