Ducati Rilis Dua Model Multistrada V4 Model Tahun 2025, Apa Perubahannya?

JAKARTA - Ducati kembali memanjakan para penggemar motor sport adventure dengan peluncuran Multistrada V4 dan jajaran tertingginya Pikes Peak 2025 yang dijadwalkan akan tersedia di dealer-dealer mulai Oktober ini.

Untuk mesinnya, Ducati menyebut keduanya tidak ada peningkatan kapasitas mesin.   

Multistrada V4 terbaru masih dibekali dengan mesin berkapasitas 1.158 cc dengan tenaga mencapai 170 dk dan torsi maksimal 123 Nm yang diklaim merupakan terdepan di kelasnya.

Meskipun tenaganya sama seperti sebelumnya, Ducati mengatakan bahwa efisiensi BBM pada motor ini meningkat 6 persen berkat sistem penonaktifan silinder belakang yang diperpanjang. Ini bekerja ketika motor berhenti dalam keadaan idle untuk menghemat tenaga dan mengurangi suhu mesin.

Nah tambahannya motor ikonis ini hadir dengan sejumlah pembaruan signifikan yang membuatnya semakin canggih dan mengasyikkan untuk dikendarai karena mendapatkan peningkatan klasifikasi emisi ke Euro5+.

Melansir MCN, dan website Ducati, 23 September, perubahan paling menonjol terletak pada paket elektroniknya yang kini dibekali teknologi canggih seperti DVO (Ducati Vehicle Observer). Sistem ini memungkinkan motor untuk memprediksi kondisi jalan dan menyesuaikan setting suspensi serta kontrol traksi secara real-time, sehingga pengendara dapat lebih percaya diri dalam menaklukkan berbagai medan. Selain itu, mode berkendara juga bertambah menjadi lima, termasuk mode "Wet" yang baru untuk kondisi jalan licin.

Desain Multistrada 2025 juga mendapatkan sentuhan segar dengan tampilan depan yang lebih agresif dan lampu depan yang lebih baik. Posisi berkendara pun semakin nyaman berkat penyesuaian ergonomi dan fitur-fitur seperti automatic lowering device yang memudahkan pengendara untuk menjejakkan kaki ke tanah.

Untuk varian Pikes Peak, ditujukan khusus bagi pengendara yang menginginkan performa tinggi dan handling yang lincah di jalanan berliku. Pada varian ini Ducati memberikan sentuhan sporty dengan penggunaan komponen serat karbon, roda forged, dan suspensi yang lebih kaku. Pikes Peak memang dirancang untuk menghadirkan kualitas sporty dari Multistrada V4 secara ekstrem: posisi berkendara khusus, roda 17 inci yang lebih gesit dengan ban sport, lengan ayun satu sisi, suspensi Öhlins, dan mode berkendara balap baru.

Untuk menandakan asal usul namanya dari ajang balap hillclimb, Pikes Peak 2025 mendapatkan livery baru yang terinspirasi oleh balap, termasuk papan nomor pada panel samping dan warna-warna yang terinspirasi oleh "Ducati MotoGP, Superbike, dan Motocross."

Meskipun hadir dengan beberapa perubahan teknis dan tampilan, Ducati belum mau mengungkapkan harga resmi dari jajaran Multistrada V4 2025.