Bagikan:

JAKARTA - Balai lelang kenamaan RM Sotheby's akan melelang sebuah mobil klasik yang sangat langka, Ford DeLuxe Station Wagon 1939. Dengan desain yang elegan dan bahan baku yang istimewa, mobil ini diyakini menjadi incaran para kolektor otomotif.

Mobil ini adalah salah satu dari 6.155 Deluxe Station Wagon yang diproduksi pada tahun 1939 namun hanya sedikit yang masih bertahan hingga saat ini.

5

Dalam info rumah lelangnya, dikutip 23 September, disebut mobilnya telah direstorasi oleh Nick Alexander, seorang ahli restorasi Ford "woodie" yang terkenal. Alexander mengumpulkan koleksi Ford dan Mercury woodie terbaik dari era flathead selama lebih dari 15 tahun. Ia mencari contoh-contoh terbaik di seluruh Amerika Serikat dan melestarikan fitur-fitur orisinal atau mengembalikannya ke kondisi pabrik.

7

Salah satu keunikan dari mobil ini adalah konstruksinya yang terbuat dari kayu bird's-eye maple. Jenis kayu ini sangat langka dan hanya ditemukan pada beberapa spesies pohon, termasuk ash, beech, birch, mahogany, walnut, dan sugar maple. Pola kayu ini terlihat seperti mata-mata kecil yang berputar-putar, dan diyakini terjadi karena kondisi tanah yang rendah pH dan kekurangan gula dalam pohon.

5

Mobil ini dilengkapi dengan mesin V-8 flathead 221-cubic-inch bertenaga 90 tenaga kuda yang dipasangkan dengan transmisi manual tiga kecepatan. Interiornya dihiasi dengan kulit berwarna cokelat tua dan dashboard yang telah dipulihkan ke kondisi kayu aslinya.

Dengan sejarah yang diketahui, panel kayu bird's-eye maple yang langka, dan restorasi berkualitas tinggi oleh seorang ahli terkemuka, Ford DeLuxe Station Wagon 1939 ini menawarkan banyak hal yang menarik bagi para kolektor otomotif.

RM Sotheby's akan melelang mobil klasik ini pada 10 Oktober 2024 di pelelangan Hershey, Pennsylvania dan diperkirakan harganya berada di kisaran 120 ribu-140 ribu doolar AS atau setara Rp1,8 miliar-Rp2,1 miliar.