Bagikan:

JAKARTA - Industri otomotif nasional saat ini dihiasi oleh berbagai merek yang menawarkan kendaraan listrik (EV) ramah lingkungan. Tentu kehadiran segmen ini di tanah air harus dibarengi dengan ekosistem yang memadai.

Citroen merupakan salah satu brand yang menyediakan model kendaraan listrik dengan menawarkan e-C3 dan telah diproduksi secara lokal (CKD). Nah, bagaimana persiapan merek dari Perancis ini dalam menyediakan ekosistem tersebut?

Aftersales Department Head PT Indomobil National Distributor Andre Oktavianus, mengatakan bahwa setiap outlet yang dihadirkan oleh Citroen memiliki satu stasiun pengisian daya dengan daya 11 kW.

Tidak hanya itu, bagi konsumen EV yang melakukan maintenance dan service di outlet resmi akan diberikan layanan tersebut hingga baterai yang terisi mencapai 50 persen.

“Di kita standar cuma satu pengisian daya di setiap jaringan ya. Jadi, kalau ada konsumen EV yang service di tempat kita dengan baterai di bawah 50 persen, maka kita harus isi hingga 50 lagi,” kata Andre saat ditemui di TB Simatupang, Jakarta, Sabtu, 21 September.

Meskipun demikian, Andre menambahkan pihaknya tidak menutup kemungkinan akan memperbanyak fasilitas pengisian daya di Indonesia di masa depan tergantung dari kondisi pasar nasional.

“Nanti akan kami tambah layanannya seiring berjalannya dengan dinamika pasar Indonesia. Kalau memang dibutuhkan, kami akan perluas,” tambah Andre.

Ia juga menjelaskan saat ini Citroen telah memiliki 22 jaringan outlet resmi di Indonesia dengan sebelas di antaranya berada di wilayah Jabodetabek dan telah memiliki stasiun pengisian daya sendiri.

“Kita saat ini sudah punya sebelas layanan di Jabodetabek, jadi saya rasa itu sudah banyak,” terang Andre.

Belum lama ini, PT Indomobil National Distribution meresmikan layanan ‘Citroen Experience Center’ di TB Simatupang, Jakarta Selatan. Fasilitas ini mengusung standarisasi desain dari Citroen global yang ditujukan untuk menjangkau konsumen area Jakarta Selatan dan sekitarnya.

Ini merupakan jaringan ‘Citroen Experience Center’ keempat yang hadir di Indonesia setelah di Jl. MT Haryono, Jl. Halim Perdana Kusuma, dan Pantai Indah Kapuk yang telah diresmikan beberapa waktu lalu.

Fasilitas ini memiliki luas bangunan berukuran sekitar 1.000 m2 yang berlokasi di Jl R.A Kartini II-S Kav. 7, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Dengan desain yang terinspirasi dari kehidupan sehari-hari, lounge di Citroën Experience Center memadukan kenyamanan, inovasi, dan teknologi, serta menawarkan suasana yang menenangkan seperti di rumah.

Citroen Experience Center TB Simatupang menyediakan berbagai unit mencakup e-C3 dan C3 Aircross serta menyediakan unit test drive yang bisa dijajal langsung oleh pengunjung.

Dealer ini juga sediakan layanan fasilitas EV charging pile, memudahkan pemilik Citroen e-C3 untuk melakukan pengisian daya. Selain itu, terdapat satu lantai khusus yang difungsikan sebagai stockyard atau tempat penyimpanan unit kendaraan.