Klasemen Sementara MotoGP 2024: Jorge Martin Kokoh di Puncak

JAKARTA – Jorge Martin kian kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP 2024 setelah ia menjadi runner-up Grand Prix Emilia Romagna akhir pekan kemarin.

Pebalap asal Spanyol yang membela tim Prima Pramac Racing itu finis mengekori Enea Bastianini dalam balapan di Sirkuit Misano, Italia, pada Minggu, 22 September 2024.

Bastianini menjadi yang tercepat dalam 27 putaran dengan catatan waktu 41 menit 14,653 detik. Adapun Jorge Martin finis dengan gap waktu +5,002 detik dari pebalap Ducati Lenovo Team itu.

Sebelum itu, Martin juga tampil baik ketika berlomba di Sprint Race. Walaupun melakukan kesalahan, ia mampu menyelesaikan sesi tersebut di urutan kedua, mengekori Francesco Bagnaia di posisi terdepan.

Balapan GP Emilia Romagna sebenarnya menyisakan kontroversi. Soalnya, Bastianini dianggap melakukan manuver agresif saat menyalip Jorge Martin di lap terakhir.

Meski demikian, pihak MotoGP menolak untuk melakukan investigasi lanjutan menyelidiki masalah itu. Keputusan ini menuai kontra, termasuk dari Marc Marquez.

Marquez berpendapat bahwa Bastianini seharusnya mendapat hukuman karena tindakannya tersebut. Pasalnya, manuver semacam itu sangat merugikan lawan di lintasan.

Dalam balapan ini, Marquez yang punya gelar juara dunia MotoGP enam kali, finis di urutan ketiga. Rekan senegara Jorge Martin tersebut finis dengan selisih waktu +7,848 detik dari pebalap terdepan.

Dua hasil memuaskan dari race dan Sprint Race ini membuat Jorge Martin menjauh di puncak klasemen. Dia sekarang total mengoleksi 341 poin dan unggul makin jauh dari Bagnaia di posisi kedua.

Bagnaia gagal menambah angka dalam balapan terbaru ini. Pebalap asal Italia tersebut, pulang dengan tangan hampa akibat terjatuh di Tikungan 8 saat race menyisakan tujuh putaran dan tidak bisa meneruskan balapan.

Seri MotoGP berikutnya akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Indonesia, pada Minggu, 29 September 2024. Total masih ada lima Grand Prix setelah itu, yaitu Jepang, Australia, Thailand, Malaysia, dan Valencia.

Klasemen Sementara 10 besar MotoGP 2024

Jorge Martin (341)

Francesco Bagnaia (317)

Enea Bastianini (282)

Marc Marquez (281)

Brad Binder (165)

Pedro Acosta (157)

Maverick Vinales (149)

Aleix Espargaro (127)

Alex Marquez (121)

Fabio Di Giannantonio (121)