Profil Anura Kumara Dissanayake, Politikus Sayap Kiri yang Terpilih Jadi Presiden Sri Lanka

YOGYAKARTA – Sosok Anura Kumara Dissnayake sedang disorot publik setelah ia terpilih sebagai Presiden Sri Lanka yang baru. Simak profil Anura Kumara Dissnayake dalam ulasan berikut ini.

Anura Kumara Dissanayake adalah politikus sayap kiri yang berhasil mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan presiden (Pilpres) Sri Lanka 2024 pada Minggu, 22 September 2024.

Dissanayake menjadi presiden Srilanka pertama yang terpilih melalui putaran kedua penghitungan surara pemilihan presiden, setelah gagal meraih 50 persen suara di putaran pertama.

Dalam kontestasi tersebut, Dissanayake meraup lebih dari 5,74 juta suara atau 55,89 persen total suara sah. Sementara rival terdekatnya, Sajith Premadasa yang notabene adalah pemimpin opisisi, hanya mendapatkan 4,53 juta suara.

Perlu diketahui, Pilpres Sri Lanka 2024 adalah pemilihan presiden pertama sejak mantan presiden Gotabaya Rajapaksa digulingkan pada 2022 lantaran negara itu mengalami kebangkrutan akibat tingginya utang luar negeri dan menipisnya cadangan devisa.

Presiden terpilih diharapkan dapat memperbaiki ekonomi Sri Lanka dan mengatasi krisis terburuk dalam sejarah.

Profil Anura Kumara Dissanayake

Dikutip dari Antara, Anura Kumara Disanayake adalah politisi yang tidak memiliki privilese. Dia berasal dari keluarga buruh di Anuradhapura, sebuah distrik di Provinsi Utara Tengah.

Lahir pada November 1968, Dissanayake menempuh pendidikan di Thambuthegama Gamini Maha Vidyalaya dan Thambuthegama Central College.

Dia memulai karier politiknya sejak masih duduk di bangku sekolah. Kala itu, dia sudah aktif dalam Janatha Vimukthi Peramuna (JVP) (Front Pembebasan Rakyat), sebuah partai komuis berhaluan Marxis-Leninis.

Tak hanya itu, Dissanayake juga terlibat dapat gerakan politik mahasiswa di Universitas Kelaniya, dekat ibu kota Kolombo, sebelum bergabung dalam politburo JVP pada 1995.

Ayah satu anak ini sudah menjadi anggota dewan sejak September 2000. Dia pernah menduduki jabatan Menteri Pertanian, Peternakan, Tanah, dan Irigasi pada 2004-2005 dan ketua opisisi pada 2015-2018.

Pada 2014, Dissanayake diangkat sebagai pemimpin JVP, yang sebelumnya merupakan gerakan revolusioner.

Lima tahun kemudian, Dia mencalonkan diri dalam pemilihan presiden 2019 sebagai kandidat National Peoples Power (NPP), sebuah organisasi politik yang dipimpin oleh JVP, dan menempati urutan ketiga dengan raihan 3 persen. NPP mempertahankannya sebagai calon presiden pada Pilpre 2024.

Meski tidak memiliki prestasi yang mentereng pada pilpres Sri Lanka 2019, krisis ekonomi 2022 yang menjatuhkan pemerintah, termasuk presiden yang berkuasa, menjadi peluang emas bagi Anura Kumara Dissanayake.

Dia mendapat banyak dukungan dari anak-anak muda yang sudah muak dengan politikus lama. Kebijakan anti-kemiskinan yang berhaluan kiri dan janjinya untuk memerangi korupsi telah memberinya kemenangan dalam pemilihan presiden Sri Lanka.

Kandidat berusia 55 tahun ini berhasil mendapatkan suara terbanyak berkat janji-janinya untuk melakukan tindakan-tindakan antikorupsi yang keras dan skema kesejahteraan yang lebih besar.

Selama menjadi oposisi, Dissanayake sering mengampanyekan antikorupsi dan mendesak pemerintah melepaskan diri dari politik. Dia juga berjanji untuk mengatasi krisis ekonomi Sri Lanka dengan pemotongan pajak, pemberantasan korupsi, dan peningkatan belanja untuk kesejahteraan.

Berkat janji-janinya itu, Dissanayake mendapat banyak dukungan dari pemilih berusia muda dan berhasil memenangkan Pilpres Sri Lanka 2024.

Sebagai informasi tambahan, Pilpres Sri Lanka 2024 diikuti oleh tiga calon presiden, yakni Anura Kumara Dissanayake, Premadasa, dan Ranil Wickremesinghe.  

Krisis ekonomi Sri Lanka membuat Wickremesinghe yang merupakan petahana langsung terjungkal di putaran pertama.

Di putaran kedua, Dissanayake yang merupakan politikus sayap kiri berhasil mengalahkan pemimpin opsisi, Sajith Premadasa dengan 5,74 juta suara. Atas hasil ini, Anura Kusuma Dissanayake diumumkan sebagai presiden terpilih Sri Lanka.

Demikian informasi tentang profil Anura Kumara Dessanayake. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.