China Open 2024: Jonatan Gugur, Indonesia Tanpa Wakil di Final

 

JAKARTA – Indonesia tidak memiliki wakil di babak final China Open 2024 usai harapan terakhir tunggal putra Jonatan Christie ikut tersingkir dari semifinal turnamen tersebut.

Perjalanan Jonatan harus berakhir setelah dia menelan kekalahan dua gim langsung 17-21 dan 18-21 melawan tunggal tuan rumah Weng Hong Yang pada Sabtu, 21 September malam WIB.

"Hari ini saya akui penyelesaiannya kurang tenang dan mengolah bolanya agak ragu-ragu. Kurang plong, sangat disayangkan, tetapi ini jadi pelajaran yang sangat berharga," ujar Jonatan usai laga.

Sebelum interval gim pertama, Jonatan sebenarnya dua kali memimpin lawannya dengan selisih dua poin. Namun, lawan kemudian mulai mengambil alih setelah mencetak empat poin beruntun untuk unggul 11-7 di jeda.

Jonatan juga sempat unggul tiga poin 18-15 pada gim kedua setelah melakoni laga ketat dan jatuh bangun di gim tersebut. Sayang, lawan membuat comeback dengan enam angka beruntun.

"Kesalahan kecil itu di pertandingan seperti ini bisa mengubah keadaan. Mungkin kalau tidak melakukan itu cerita bisa berbeda," ujar Jonatan.

China Open adalah turnamen kedua yang dimainkan oleh Jonatan sejak tampil di Olimpiade Paris 2024. Dia sebelumnya tampil di Hong Kong Open pekan lalu.

Pada saat itu, langkahnya juga terhenti di babak semifinal setelah kalah melawan tunggal putra China, Lei Lan Xi, dalam pertandingan ketat tiga gim.

Sebelum hasil yang didapat oleh Jonatan, Indonesia sudah kehilangan wakil dari ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin dan ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.