Drone Bayraktar TB3 Bakal Jalani Uji Coba Terbang dari Kapal Induk TCG Anadolu

JAKARTA - Kendaraan udara tempur nirawak (UCAV) baru Turki, Bayraktar TB3, yang dirancang khusus untuk kapal induk pertama negara itu diharapkan akan segera memulai uji coba terbang dari kapal induk tersebut, kata ketua dewan dan CTO Baykar Selçuk Bayraktar.

"Pekerjaan kami pada Bayraktar TB3 saat ini sedang berlangsung. Kami telah memulai produksi pesawat tempur tak berawak pertama Turki, Bayraktar Kızılelma, dan pekerjaan kami untuk mempercepat fase produksi terus berlanjut," katanya dalam wawancara dengan Anadolu Agency, dilansir dari Daily Sabah 20 September

"Versi prototipe Bayraktar TB3 sedang dipersiapkan untuk penerbangan pertamanya. Mudah-mudahan, Bayraktar TB3 akan segera memulai uji cobanya di TCG Anadolu," tambahnya.

TCG Anadolu adalah kapal serbu amfibi dan kapal perang kelas LHD multiguna pertama Turki, yang ditugaskan tahun lalu.

Bayraktar sebelumnya mengisyaratkan drone terbarunya kemungkinan akan lepas landas dari TCG Anadolu dalam tahun 2024.

Awal tahun ini, Bayraktar TB3 menyelesaikan uji lompat ski pertamanya dari platform berbasis darat dan yang terbaru, hanya beberapa hari yang lalu perusahaan tersebut membagikan video yang menggambarkannya menyelesaikan uji keenamnya.

TB3, yang dikenal karena sayapnya yang dapat dilipat, melakukan penerbangan perdananya pada akhir Oktober tahun lalu, bertepatan dengan peringatan 100 tahun berdirinya Republik Turki.