Pertamina Pasang QR Code untuk Lacak Mobil Tangki BBM

JAKARTA - Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus memasang QR Code pada mobil tangki industri berwarna biru putih agar bisa diidentifikasi oleh masyarakat mengingat seringkali corak dan warna mobil tersebut digunakan untuk mengangkut BBM Subsidi oleh oknum tidak bertanggung jawab.

SAM Industry Jatimbalinus Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Tunggal Prabowo menyatakan dengan hadirnya QR Code ini diharapkan dapat memudahkan pengenalan mobil tangki agen BBM industri yang mengangkut BBM industri Pertamina atau bukan.

“Karena Stakeholders kami sering kali bertanya mengenai apakah mobil tangki yang umumnya berwarna putih biru merupakan transportir resmi Pertamina,” katanya dilansir ANTARA, Jumat, 20 September.

Pemasangan QR Code secara simbolis kepada dua transportir yakni PT Sumber Kurnia Mandiri dan PT Sinar Anugerah Energi di kantor Pertamina Integrated Terminal Surabaya.

QR Code yang diletakkan di bagian pintu samping pengendara mobil tangki ini sebagai identitas atau jaminan mutu bahwa BBM yang diangkut adalah BBM industri tersebut resmi dibeli dari depot Pertamina ataupun agen BBM industri yang terafiliasi dengan Pertamina.

Secara detil, Prabowo menjelaskan cara mengecek mobil tangki sangat mudah yaitu melakukan scan QR Code yang tertempel di mobil tangki Pertamina dengan aplikasi pemindai QR yang dapat diunduh di playstore android ataupun appstore IOS.

Pemindai QR Code tersebut perlu memasukkan nama dan nomor whatsapp yang keluar setelah pemindaian dilakukan, gunanya adalah untuk mendapatkan kata sandi satu kali pakai atau one time password (OTP) yang dikirim oleh sistem.

Setelah dilakukan pemindaian maka akan mendapatkan informasi yang dikirim ke nomor whatsapp seperti nama PT dan alamat lengkap agen BBM, plat nomor, nomor rangka, nomor mesin, nomor tera, nomor izin angkut migas, nomor izin masuk TBBM, jumlah muatan, dan tujuan pengiriman.

Trasportir PT Sinar Anugerah Energi Yunky Harsono menyampaikan apresiasinya kepada Pertamina atas dijalankannya program QR Code karena penyalur lebih diuntungkan mengingat akan menjadi legalitas bagi penyalur seiring banyak agen yang mengaku menjadi agen Pertamina.

“Semoga customer dengan adanya program ini tidak akan ragu lagi dan bisa mendapatkan data lengkap agen pada QR Code", kata Yunky.

Area Manager Communication Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi mengatakan pemberian QR Code mobil tangki BBM industri ini di wilayah Jatimbalinus dilakukan secara bertahap.

“Saat ini Integrated Terminal Surabaya yang merupakan tulang punggung distribusi BBM di wilayah Jawa Timur akan menerapkan penggunaan QR Code tersebut dengan wilayah pendistribusiannya mayoritas di seluruh Jawa Timur,” ujarnya.

Menurut Ahad, agen penyalur BBM industri ini melayani pembelian BBM seperti Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex untuk bahan bakar mesin diesel yang merupakan BBM nonsubsidi.

Ahad pun menyampaikan dukungan pembelian BBM industri secara resmi ke agen Pertamina yang berarti menyumbang pembangunan daerah mengingat dalam pembelian BBM dari Pertamina terdapat unsur perpajakan.

“Seperti Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), Pajak Penghasilan (PPh), dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN),” ujarnya.