Cara Beli Solar Subsidi dengan QR Code My Pertamina dan Cara Mendapatkannya
Ilustrasi My Pertamina (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Terbaru, masyarakat yang ingin membeli bahan bakar minyak (BBM) jenis solar subsidi kini diharuskan menggunakan QR code di 514 kota dan kabupaten yang ada di Indonesia. Oleh karenanya, masyarakat harus tahu cara beli solar subsidi dengan QR code My Pertamina.

Cara Beli Solar Subsidi dengan QR Code My Pertamina

Seperti diketahui, pengguna kendaraan berbahan bakar solar subsidi yang sudah terdaftar Program Subsidi Tepat MyPertamina akan menerima QR code. Nantinya QR code tersebut wajib diperlihatkan kepada petugas di pengisian BBM  solar subsidi. Adapun cara beli solar subsidi melalui QR code adalah sebagai berikut.

  • Persiapkan lebih dulu QR code yang sebelumnya didapatkan dari Subsidi Tepat MyPertamina atau didapat dari aplikasi MyPertamina;
  • Setelah itu, pembeli harus menunjukkan QR code kepada petugas sebelum melakukan transaksi. QR code tersebut akan dipindai (scan) oleh operator di SPBU. Patut diketahui bahwa QR code bisa dicetak oleh pengemudi dan ditempelkan di badan kendaraan agar lebih praktis. Atau pengemudi cuku menyimpannya di ponsel;
  • Setelah operator SPBU melakukan pemindaian, pengemudi baru bisa melakukan pembelian solar subsidi sesuai kendaraan yang telah terdata;
  • Lakukan pembayaran dengan metode yang sudah disiapkan, mulai dari tunai hingga non-tunai.

Cara Mendapatkan QR Code My Pertamina untuk Beli Solar Subsidi

Bagi masyarakat yang belum memiliki QR code My Pertamina untuk melakukan pembelian solar subsidi bisa melakukan pendaftaran program Subsidi Tepat MyPertamina lebih dulu. Pendaftaran sendiri dilakukan secara online lewat website subsiditepat.mypertamina.id. Berikut ini tata cara mendapatkan QR code My Pertamina.

  • Pemohon harus memiliki dokumen yang dibutuhkan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), STNK, NPWP, dan foto kendaraan meliputi foto mobil tampak samping, tampak roda, dan tampak nomor polisi.
  • Setelah itu kunjungi website di subsiditepat.mypertamina.id;
  • Lakukan pencentangan pada informasi memahami persyaratan;
  • Setelah itu pilih “Daftar Sekarang”;
  • Pemohon diwajibkan mengikui instruksi yang ada pada website tersebut;
  • Setelah selesai, akan dilakukan pencocokan data dengan waktu maksimal 14 hari kerja. Pemohon juga disarankan untuk sering mengecek alamat email aktif yang telah didaftarkan sebelumnya. Pemantauan juga bisa dilakukan lewat website berkala;
  • Setelah data terkonfirmasi, pemohon bisa mengunduh kode QR. Masyarakat bisa menyimpan di ponsel atau dicetak untuk memudahkan transaksi di SPBU Pertamina.

Dikutip dari VOI, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan bahwa pendaftaran untuk mendapatkan QR code dibuka. Pendaftaran QR code bisa dilakukan di posko SPBU, website subsiditepat.mypertamina.id, atau bisa juga lewat aplikasi mypertamina.

Seperti diketahui, PT Pertamina (Persero) lewat anak usahanya PT Pertamina Patra Niaga kini menerapkan skema Full QR Code MyPertamina yang diperuntukkan bagi pembelian solar subsidi. Aturan tersebut berlaku di semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Terkait kebijakan tersebut, Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra menjelaskan bahwa Pertamina Patra Niaga saat ini sudah menyelesaikan 3 dari 5 tahapan Program Subsidi Tepat.

“Sejak 22 Juni, Subsidi Tepat khususnya untuk Solar Subsidi sudah diberlakukan skema Full QR Code. Artinya sudah 100 persen transaksi Solar Subsidi diseluruh wilayah di Indonesia wajib menunjukkan QR Code,” jelasnya lewat keterangan resmi, Minggu, 25 Juni.

Selain itu, Mars Ega juga menjelaskan bahwa tujuan dari implementasi Full QR Code ini adalah untuk memudahkan sekaligus menjaga masyarakat yang berhak lebih terjamin untuk mendapatkan Solar Subsidi.

Itulah informasi terkait cara beli solar subsidi dengan QR Code My Pertamina. Kunjungi VOI.ID untuk berita menarik lainnya.