Pembelian Solar SPBU di Sulut Mulai Besok Wajib Gunakan QR Code
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

MANADO - Pembelian solar di semua stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) wajib menggunakan QR Code mulai 21 Februari 2023.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Fahrougi mengatakan, pembelian solar JBT di seluruh SPBU Se-Sulut mulai besok Selasa, 21 Februari 2023, wajib menggunakan QR Code yang diperoleh melalui subsiditepat.mypertamina.id.

"Pembelian solar JBT menggunakan QR Code dapat dibeli sesuai dengan jumlah yang diatur dalam regulasi BPH Migas," katanya.

Namun, bagi masyarakat yang belum mendaftarkan diri dalam subsidi tepat, maka pembelian Solar dibatasi maksimal 20 liter per hari dan secara berkala tidak akan dilayani lagi apabila tidak memiliki QR Code.

Ia menjelaskan, pembelian BBM di provinsi Sulawesi Utara tepatnya di 15 Kabupaten dan kota wajib menggunakan QR Code.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari pendaftaran subsidi tepat di Sulut yang telah dilakukan sebelumnya sejak 2 Agustus 2022.

"Pembelian menggunakan QR Code ini akan menyeleksi siapa yang berhak dan tidak berhak mendapatkan BBM bersubsidi sehingga diharapkan distribusi BBM bersubsidi lebih tepat sasaran," jelasnya.

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Nomor 04/P3JBT/BPH Migas/Kom/2020 dikatakan bahwa untuk jenis kendaraan pribadi roda empat pengisian Solar Subsidi sebanyak 60 liter per hari, 80 liter per hari untuk kendaraan penumpang atau barang roda empat dan 200 liter per hari untuk kendaraan penumpang atau barang roda enam atau lebih.

Fahrougi mengimbau, kepada seluruh masyarakat Sulawesi Utara bagi yang belum memiliki QR Code agar segera mendaftarkan kendaraan melalui tiga cara, pertama daftar melalui web subsiditepat.mypertamina.id.

Kedua, daftar melalui aplikasi MyPertamina yang dapat didownload di handphone berbasis android maupun ios.

Ketiga, jika mendapati kendala melalui dua cara di atas, maka silahkan kunjungi SPBU terdekat dan petugas SPBU akan membantu anda untuk mendapatkan QR Code.

Berdasarkan data Pertamina tercatat per tanggal 16 Februari 2023 sebanyak 29.941 orang sudah melakukan registrasi subsidi tepat, diantaranya sebanyak 22.575 kendaraan Pertalite (mesin bensin) dan 7.366 kendaraan solar (mesin diesel) telah berhasil memiliki QR Code.

Data ini menunjukkan bahwa subsidi tepat BBM tidak lepas dari dukungan pemerintah dan masyarakat Sulut yang menginginkan agar distribusi BBM bersubsidi bisa tepat sasaran.