Kemenkumham Juga Dorong Naturalisasi untuk Timnas Basket Indonesia

JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Supratman Andi Agtas, menyatakan bahwa Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mendukung penuh upaya Timnas Indonesia untuk melaju ke Piala Dunia 2026. Komitmen itu dituangkan lewat dukungan naturalisasi kepada atlet sepak bola.

Hal tersebut disampaikan oleh Supratman saat berjumpa dengan Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, di Gedung Kemenkumham pada Kamis, 19 September 2024, pagi WIB. Dalam momen tersebut, Supratman berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh demi terwujudnya pencapaian dan prestasi di bidang olah raga, khususnya sepak bola.

Selain itu, Supratman juga menuturkan bahwa pihaknya juga mendorong naturalisasi untuk Timnas Basket Indonesia agar prestasi basket terdongkrak di level internasional.

"Pak Erick tadi melaporkan beberapa hal, terkait PSSI maupun Perbasi. Alhamdulillah beliau menyampaikan (tentang) pemberian dukungan yang optimal kepada seluruh talenta-talenta (atlet) yang bisa mengangkat nama baik Republik Indonesia di kancah internasional, (khususnya) di dua cabang olahraga tersebut," kata menkumham dalam keterangan yang diterima pada Kamis, 19 September 2024.

"Tentu ini tidak terlepas dari kontribusi yang dilakukan oleh Pak Erick, (terlebih) di cabang olahraga sepak bola, ini olahraga rakyat, olahraga kita semua."

"Saya berharap mudah-mudahan dengan dukungan yang diberikan oleh Kemenkumham, terutama yang terkait dengan naturalisasi ini, akan bisa memberikan kontribusi nyata dalam upaya kita mengangkat dan meloloskan Timnas Indonesia kita di Piala Dunia 2026 yang akan datang," tuturnya lagi.

Terkait naturalisasi, saat ini PSSI dan Pemerintah memang tengah memproses pemberian kewarganegaraan kepada pemain sepak bola Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Mees Hilgers saat ini merupakan pemain klub Belanda, FC Twente, yang mengisi posisi bek. Hilgers menjalani naturalisasi karena diketahui mempunyai darah Indonesia dari ibunya yang berasal dari Manado.

Sementara Eliano Reijnders merupakan bermain PEC Zwolle yang biasa bermain dalam posisi gelandang serang maupun sayap. Eliano memiliki darah Indonesia dari ibunya yang berasal dari Maluku.