Paripurna DPR RI Setujui Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

JAKARTA - Rapat Paripurna DPR RI digelar pada Kamis, 19 September 2024, dengan salah satu agendanya pengambilan keputusan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Paripurna DPR RI dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk Freidrich Paulus. Agenda persetujuan pemberian kewarganegaraan RI masuk dalam pembahasan kelima dari tujuh agenda.

Pada Paripurna tersebut, permohonan pemberian warga negara Indonesia untuk Mees dan Eliano pun disetujui.

"Berdasarkan surat Presiden RI dengan Nomor R49/Pres/09/2024 dan R-48/Pres/09/2024 tertanggal 12 September 2024 perihal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Mees Victor Joseph Hilgers dan Eliano Johannes Reijnders."

"Kami mengumumkan sesuai hasil rapat konsultasi pengganti rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI antara Pimpinan DPR RI dan pimpinan fraksi-fraksi pada 12 September 2024, memutuskan menugaskan Komisi III dan X DPR RI. Hasil pembahasannya diputuskan dalam Rapat Paripurna DPR RI."

"Sesuai dengan hasil pembahasan Komisi III dan X DPR RI yang memutuskan menyetujui pemberian kewarganegara Republik Indonesia atas nama Mees Victor Joseph Hilgers dan Eliano Johannes Reijnders."

"Sehubungan dengan itu kami meminta persetujuan Paripurna hari ini apakah permohonan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia dapat disetujui?" ujar Pimpinan Rapat Paripurna DPR RI, Lodewijk Freidrich Paulus.

Seluruh peserta Paripurna DPR RI pun menyetujui permohonan tersebut.

"Terima kasih. Untuk selanjutnya (naturalisasi) ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku," kata Lodewijk lagi.

Eliano Johannes Reijnders merupakan pemain berdarah Indonesia-Belanda.

Darah Indonesia pemain PEC Zwolle itu didapat dari sang ibu, Angelina Syane Lekatompessy, yang lahir di Jakarta pada 18 November 1976.

Kakek Eliano, Jantje Lekatompessy, juga merupakan orang Indonesia yang lahir di Jatinegara, Jakarta, pada 29 Desember 1947.

Selain itu, Eliano memiliki istri keturunan Indonesia, Marciana Rathna.

Kemudian, Mees memiliki nama lengkap Mees Victor Joseph Hilgers. Sama seperti Eliano, pemain 23 tahun itu juga berdarah Indonesia-Belanda.

Darah Indonesia Mees didapat dari sang ibu, Linda Tombeng. Mees memiliki kakek dari sang ibu, Hendrik Victor Tombeng yang lahr di Ambon pada 22 April 1924.

Lalu, nenek Mees juga orang Indonesia bernama Muhija Muchtar yang lahir di Jakarta pada 4 Mei 1926.

Mees menjadi pemain yang tengah hangat diperbincangkan. Dia sudah meroket pada usia muda dan tampil bersama Timnas Belanda U-21.