FK UNS Tandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Sido Muncul

JAKARTA - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO).

Agenda penandatanganan tersebut dibarengi dengan seminar nasional bertema “Pengembangan dan Pemanfaatan Obat Tradisional untuk Mendukung Gerakan Indonesia Sehat” yang dilaksanakan Rabu 18 September, secara hybrid dari Auditorium FK UNS dan disiarkan langsung melalui platform Zoom Meeting dan Youtube.

Ketua panitia, Dr. Leli Saptawati, dr., Sp.MK(K) menyampaikan bahwa agenda seminar nasional ini merupakan kerja sama antara FK UNS, PT Sido Muncul, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dan Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta. Seminar ini juga sebagai wujud implementasi nota kesepahaman antara PT Sido Muncul dan UNS sebelumnya.

“Kesempatan ini menghadirkan narasumber yang ahli dari masing-masing bidang. Terdapat 240 peserta luring, 344 peserta daring dengan total peserta 584. Semoga agenda seminar ini memberi manfaat untuk pengembangan keilmuan dan mendorong kesehatan bangsa Indonesia,” tutur dr. Leli.

Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) menyampaikan kebanggaan atas terjalinnya kerja sama antara FK UNS dan PT Sido Muncul. Beliau turut menyampaikan mengenai pentingnya hilirisasi antara pendidikan, khususnya di bidang farmasi ke dalam industri.

Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Internasionalisasi, dan Informasi UNS dalam sambutannya menerangkan bahwa UNS telah menandatangani MoU dengan PT Sido Muncul sejak tahun 2023. Implementasi kerja sama ini berupa penyelenggaraan event bersama, penelitian kerja sama, maupun magang bagi peserta didik ke PT Sido Muncul. Prof. Irwan turut berharap agar perjanjian kerja sama seperti ini dapat melebar ke fakultas-fakultas lain yang selinier.

“Kerja sama dengan industri ini merupakan salah satu capaian dari Indikator Kinerja Utama (IKU) nomor 6. IKU 6 sendiri merupakan hal yang sangat krusial dan menjadi prioritas. Terima kasih kepada PT Sido Muncul telah menindaklanjuti MoU sebelumnya dengan perjanjian kerja sama yang lebih teknis. Semoga kerja sama ini berjalan dengan baik dan berlanjut ke fakultas-fakultas lain yang linear,” tutur Prof. Irwan dalam sambutannya.

Seminar sesi pertama dipandu oleh dr. Nanang Wiyono, M.Kes. dan diisi oleh Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM Republik Indonesia (RI), Dra. Reri Indriani, Apt., M.Si.; Direktur Produksi dan Distribusi Kefarmasian Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Dita Novianti Sugandi Argadiredja, S.Si., Apt., M.M.; dan Direktur PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk., Irwan Hidayat.

Sedangkan seminar sesi kedua dipandu oleh Dr. Leli Saptawati, dr., Sp.MK(K) dan diisi oleh narasumber Dr. dr. Neni Susilaningsih, M.Si. Dosen Universitas Diponegoro (Undip); Dr. apt. Ipang Djunarko, S.Si, M.Sc Pengurus Daerah (PD) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY); dan Dr. Setyo Sri Rahardjo, dr., M.Kes. Dosen FK UNS.

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat menyampaikan, kerja sama antara Sido Muncul dengan UNS Solo dalam hal ini Fakultas Kedokteran dapat dikembangkan lebih luas lagi dalam berbagai bidang mulai dari pertanian, teknologi pangan dan lainnya.

Dia berharap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang jamu atau herbal bisa terus dilakukan oleh pemerintah, akademisi,dunia usaha, dan masyarakat, yaitu dengan saintifikasi jamu berbasis penelitian, dan pelayanan kesehatan.

"Dengan begitu impian jamu obat herbal menjadi jamu tuan rumah di negeri sendiri akan terwujud," jelasnya.

Irwan berharap para mahasiswa di Fakultas Kedokteran UNS Solo dapat diberikan pemahaman tentang khasiat dari tanaman obat atau herbal. Dia tentu menyambut baik jalinan kerja sama antara Sido Muncul dan UNS Solo.

Selain itu pihaknya juga akan dengan senang hati menerima mahasiswa magang di Pabrik Sido Muncul.

"Kami bukan saja memberikan apa yang kami tahu, tapi juga mungkin akan dapat masukan dari dunia pendidikan, akademisi yang pasti sangat berguna bagi Sido Muncul," tuturnya.