PSG Bisa Menang Gara-gara Gol Bunuh Diri Kiper Girona

JAKARTA - Paris Saint-Germain harus bekerja keras mengalahkan Girona di pertandingan pertama Liga Champions. Dalam laga di kandang sendiri di Stadion Parc des Princes, Kamis, 19 September 2024 dini hari WIB, PSG hanya menang tipis 1-0 akibat gol bunuh diri kiper Girona.

Girona menjadi lawan tak mudah bagi PSG. Meski bermain di kandang sendiri, PSG mendapat perlawanan sengit dari tim La Liga Spanyol yang melakukan debut di kompetisi Eropa ini.

PSG sesungguhnya tampil di Liga Champions dengan kepercayaan diri yang kuat. Meski tidak ada lagi Kylian Mbappe yang pindah ke Real Madrid secara gratis, PSG tak kehilangan konsistensi.

Pelatih Luis Enrique membuktikan PSG merupakan sebuah tim yang tidak mengandalkan pada satu atau dua pemain. Klub Ligue 1 Perancis itu tetap bisa bertumpu pada Bradley Barcola yang bahu-membahu dengan Ousmane Dembele dan Marco Asensio di lini depan.

Sementara di tengah ada Vitinha dan gelandang tim nasional Spanyol Fabian Ruiz. Di lini belakang, PSG memang sangat solid karena ada bek senior Marquinhos dan Achraf Hakimi.

Di kompetisi domestik, PSG baru kemasukan tiga gol selama empat pertandingan pertama. Mereka juga meraih poin sempurna sehingga bisa bertengger di puncak klasemen Ligue 1. Enrique sukses menjadikan PSG sebagai sebuah tim yang tetap konsisten saat ditinggalkan pemain bintang.

Saat berlaga di kompetisi Eropa, PSG tetap menunjukkan penampilan dengan penuh kepercayaan diri saat menjamu Girona. Laga kedua tim sesungguhnya sedikit kontras.

Girona masih belum stabil saat mengawali kompetisi La Liga. Kepergian pemain depan Artem Dovbyk ke AS Roma sepertinya cukup mempengaruhi ketajaman Girona.

Selain Dovbyk, Girona kehilangan pemain sayap terbaik Savinho. Pemain timnas Brasil yang dipinjam dari Troyes sudah pindah ke Manchester City sehingga pelatih Michel harus menata ulang kekuatan Girona.

Hanya performa Girona masih naik turun. Mereka sukses menghajar Osasuna 4-0 dan Sevilla 2-0. Namun Donny van de Beek dkk mengalami kekalahan telak dari Atletico Madrid dan terakhir dihajar Barcelona 4-1 di kandang sendiri. Girona pun masih tertahan di papan tengah dengan menduduki posisi 10 dengan mengantungi poin tujuh.

Saat tampil di kandang lawan di Liga Champions, Girona sesungguhnya mampu mengimbangi PSG. Mereka tak canggung saat melakoni debut.

Dalam duel tersebut, PSG sesungguhnya cukup menguasai permainan, terutama di babak pertama. Bahkan Girona tak mampu melepaskan satu pun tendangan ke gawang. Beruntung pertahanan Girona cukup tangguh untuk menahan serangan bergelombang PSG.

Di babak kedua, PSG meningkatkan tekanan demi membobol gawang lawan. Peluang bagus diperoleh Dembele saat PSG membangun serangan di menit-menit awal pertandingan.

Sayangnya, Dembele gagal menuntaskan peluang tersebut karena sepakannya bisa digagalkan bek Ladislav Krejci. Eks pemain Barcelona juga mendapat peluang di menit 57. Lagi-lagi, Dembele gagal karena kiper Paulo Gazzaniga berhasil mengamankan bola tendangannya.

Dembele untuk ketiga kalinya nyaris membobol gawang Girona. Di menit 86, dia sudah tinggal berhadapan dengan kiper dan melepaskan tendangan ke gawang. Gazzaniga sudah dalam out of position. Namun bola masih melebar sehingga PSG masih belum bisa membobol gawang lawan.

Gazzaniga sesungguhnya bermain cemerlang dengan melakukan sejumlah penyelamatan. Namun kiper Argentina ini kemudian melakukan blunder yang berujung gol bunuh diri di injury time.

Berawal dari serangan PSG dan hendak dituntaskan bek Nuno Mendes. Upaya Gazzaniga menahan bola gagal dan justru meluncur ke gawang sendiri. PSG pun unggul 1-0 yang bertahan sampai akhir laga.