Bagikan:

JAKARTA - Arsenal sukses menaklukkan lawan berat Paris Saint-Germain di pertandingan kedua Liga Champions d Stadion Emirates, Rabu, 2 Oktober 2024 dini hari WIB. Gol-gol Kai Havert dan Bukayo Saka membawa Arsenal menduduki delapan besar klasemen sementara.

Persaingan ketat dalam perburuan peringkat di Liga Champions. Dengan format baru di kompetisi kasta tertinggi Eropa ini hanya delapan tim yang menempati posisi teratas di klasemen yang akan lolos ke babak berikutnya.

Format anyar itu menjadikan persaingan lebih ketat karena tidak ada pembagian grup. Hanya tidak semua tim papan atas saling bertemu.

Arsenal sendiri menduduki posisi delapan setelah mengalahkan PSG. Sebelumnya, klub Premier League Inggris ini bermain imbang 0-0 melawan Atalanta. Dengan mengumpulkan empat poin, Arsenal masih bisa menembus delapan besar.

Perolehan poin The Gunners sama dengn empat tim lainnya, Manchester City, Inter Milan, Sparta Praha dan Sporting. Hanya, Arsenal memiliki selisih gol paling kecil sehingga menempti posisi paling bawah di antara tim-tim tersebut.

Sementara, PSG yang baru mengantungi tiga poin berada di posisi 18. Pada laga pertama, PSG menang tipis 1-0 atas Girona.

Dalam pertandingan itu, PSG sesungguhnya mampu menguasai permainan. Meski tampil di kandang lawan, tim asuhan Luis Enrique justru unggul dalam penguasaan bola.

Hanya saja, Arsenal bermain lebih efektif sehingga serangan mereka beberapa kali mengancam pertahanan PSG. Bahkan Arsenal mampu memanfaatkan dua peluang yag dikonversi menjadi gol di babak pertama.

Di menit 20, Havertz membuka kemenangan Arsenal setelah bola sundulannya gagal diselamatkan kiper Gianluigi Donnarumma. Berawal dari umpan silang Leandro Trossard yang kemudian disambut dengan sundulan Havertz.

Gol Havertz juga tidak terlepas dari kesalahan Donnarumma yang sudah out of position saat hendak mengambil bola silang itu. Havertz pun mencetak gol ke gawang yang kosong.

Unggul 1-0 menjadikan semangat pemain Arsenal kian berlipat. Tak lama berselang atau di menit 35, Saka memantapkan keunggulan The Gunners.

Saka membobol gawang Donnarumma lewat tendangan bebas. Sebuah penyelesaian akhir yang indah saat tendangan bebas Saka meluncur di antara kerumunan pemain dan meluncur deras ke gawang tanpa bisa diselamatkan kiper timnas Italia tersebut. Arsenal pun leading 2-0 atas lawannya. Skor itu bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, PSG tetap bermain terbuka demi mengejar defisit gol. Namun serangan mereka selalu kandas menghadapi pertahanan kokoh tim asuhan Mikel Arteta ini.

Arsenal juga tetap memberi tekanan terhadap pertahanan PSG. Pemain depan Gabriel Martinelli mendapat peluang melalui tendangan voli yang mengarah ke gawang. Namun upaya dia bisa digagalkan Donnarumma.

Selanjutnya, sundulan Haverztz juga masih terlalu lemah sehingga tidak membahayakan gawang klub Ligue 1 Perancis itu.

PSG masih mendapat dua peluang menjelang akhir tendangan. Hanya saja tendangan Joao Neves dari jarak dekat masih melambung. Kiper David Raya juga menggagalkan tendangan dari pemain timnas Korea Selatan Lee Kang-in. Keunggulan dua gol Arsenal pun bertahan hingga laga usai.