China Open 2024: Fikri/Daniel Dapat Tiket ke Babak Kedua

JAKARTA – Pasangan ganda putra Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin, berhasil melewati babak pertama China Open 2024.

Mereka mendapat tiket babak kedua usai menekuk pasangan China Taipei, Chiu Hsiang Chieh/Wang Chi Lin, dua gim langsung 21-13 dan 21-13 pada Selasa, 17 September 2024, siang WIB.

"Lawan tidak mudah, hanya kami bisa lebih siap di pertandingan hari ini. Mereka juga banyak mati sendiri yang menguntungkan kami," ujar Daniel selepas pertandingan seperti diterima dalam keterangan.

Wang Chi Lin adalah peraih medali emas Olimpiade dalam dua edisi beruntun. Prestasi tersebut dia raih bersama pasangan sebelumnya Lee Yang, yang telah memutuskan untuk gantung raket.

Mereka pertama kali merajai panggung Olimpiade saat di Tokyo 2020 dan kemudian mempertahankan medali emas saat tampil di Olimpiade Paris 2024.

"Pasangan China Taipei memang pasangan baru, tetapi mereka sudah lumayan padu. Pukulannya kuat, drive-drive-nya bagus, itu yang kami waspadai," ujar Daniel.

Fikri/Daniel selanjutnya akan mendapat tantangan serius karena bersua pasangan nomor satu dunia dan unggulan pertama milik tuan rumah, Liang Wei Keng/Wang Chang.

"Besok ada kesempatan istirahat dan latihan. Kami mau meningkatkan dan memperbaiki apa yang masih kurang berkaca dari hasil hari ini," ujar Fikri.

Fikri/Daniel merupakan wakil kedua Indonesia yang mendapat tiket babak kedua ajang Super 1000 BWF ini. Mereka menyusul jejak tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Ginting lolos ke babak kedua setelah mengalahkan rekan senegaranya, Chico Aura Dwi Wardoyo, dalam pertandingan dua gim langsung.

Pada China Open 2024 Indonesia total menurunkan sebanyak 10 wakil. Jumlah tersebut terdiri dari tiga tunggal putra, satu tunggal putri, lima ganda putra, dan ganda campuran satu.