Kapan Bisa Cetak Kartu Ujian SKD CPNS 2024, Catat Jadwal Lengkapnya

YOGYAKARTA - Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2024 berlangsung secara bertahap dari tanggal 14-19 September. Jika pelamar dinyatakan memenuhi syarat (MS) maka akan mengikuti tahap selanjutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar. Lantas kapan bisa cetak kartu ujian SKD?

Pendaftar CPNS bisa mengecek pengumuman secara langsung di akun sscasn.bkn.go.id. Selain itu, Anda juga dapat melihat pengumumannya di laman resmi masing-masing instansi. Karena dilakukan secara bertahap, jadi untuk saat ini sudah ada pelamar yang menerima hasilnya dan ada yang belum. 

Bagi peserta yang lolos, sangat penting untuk mengetahui kapan waktu cetak kartu ujian SKD. Peserta juga disarankan untuk terus memantau dan mengecek secara berkala terkait informasi jadwal ujian SKD CPNS. 

Kapan Mencetak Kartu Ujian SKD CPNS 2024?

Hasil seleksi administrasi CPNS 2024 akan dimunculkan di laman sscasn.bkn.go.id pada akun masing-masing peserta. Setelah login atau masuk ke akun SSCASN, peserta yang dinyatakan lolos pemberkasan akan mendapatkan pemberitahuan “Selamat! Anda lulus tahap administrasi berkas”.

Keterangan pemberitahuan ditampilkan di bawah tombol “Cetak Kartu Informasi Akun” dan “Cetak Kartu Pendaftaran CASN”. Sementara peserta yang belum keluar hasil seleksi administrasinya maka belum mendapatkan pemberitahuan tersebut atau masih kosong.

Meskipun pelamar sudah lolos tahap ini, namun masih belum bisa langsung mencetak kartu ujian untuk mengikuti SKD. Kartu ujian baru akan tersedia setelah masa sanggah dan jawab sanggah terhadap pengumuman seleksi administrasi selesai. 

Mengacu dari Surat Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 5900/B-KS.04.01/SD/K/2024, jadwal masa sanggah diberikan dalam waktu tiga hari kepada peserta yang tidak lolos. Masa sanggah dilakukan mulai 20-22 September. Sementara waktu jawab sanggah dari tiap instansi berlangsung dari 20-24 September. 

Pengumuman hasil pasca-sanggah baru dilakukan pada 23-29 September. Jadi peserta baru bisa mencetak kartu ujian untuk tes SKD setelah 29 September. Bagi peserta yang tidak lolos maka bisa mengajukan sanggahannya terlebih dahulu. 

Cara mencetak Kartu Ujian SKD CPNS 2024

Untuk mengunduh atau mencetak kartu ujian SKD CPNS 2024, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Silakan masuk ke akun SSCASN Anda di situs https://sscasn.bkn.go.id 
  2. Setelah masuk halaman resume pendaftaran, kemudian gulir ke bawah
  3. Kemudian klik menu "Cetak Kartu Peserta Ujian" 
  4. Pilih tombol unduh atau cetak di pojok kanan atas halaman kartu ujian. 
  5. Kartu peserta ujian CPNS Anda pun selesai diunduh atau dicetak. 

Kartu peserta ujian wajib ditunjukkan waktu pelaksanaan tes SKD. Peserta harus melakukan ujian sesuai jadwal yang akan diumumkan. Kartu ujian ini berisi informasi data diri peserta, mulai dari nama, NIK, jenis kelamin, dan nomor peserta.

Kartu tersebut juga menampilkan keterangan instansi yang dipilih atau dilamar, serta tanggal melamar, formasi jabatan, kualifikasi pendidikan, dan lokasi ujian. Selain itu, di kartu juga terdapat barcode dan kolom "perhatian" yang harus disimak oleh peserta ujian. 

Jadwal Ujian SKD CPNS 2024

Berikut ini jadwal tahapan ujian SKD seleksi CPNS 2024 yang perlu Anda ingat:

  • Pengumuman hasil seleksi administrasi: 14-19 September 2024 
  • Konfirmasi penggunaan nilai SKD CPNS 2023: 18-28 September 2024 
  • Masa sanggah: 20-22 September 2024 
  • Masa jawab sanggah: 20-24 September 2024 
  • Pengumuman hasil pasca-masa sanggah: 23-29 September 2024 
  • Penarikan data final SKD: 29 September-1 Oktober 2024 
  • Penjadwalan SKD: 2-8 Oktober 2024 
  • Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat SKD: 9-15 Oktober 2024 
  • Pelaksanaan SKD: 16 Oktober-14 November 2024 
  • Pengolahan nilai SKD: 23 Oktober-16 November 2024 
  • Pengumuman hasil SKD: 17-19 November 2024.

Demikianlah informasi kapan bisa cetak kartu ujian SKD CPNS 2024 yang harus dipahami oleh peserta. Kartu untuk ujian SKD baru bisa diunduh dan dicetak setelah pengumuman hasil seleksi administrasi selesai secara keseluruhan. Jadi kartu ujian SKD baru bisa dicetak setelah pengumuman hasil pasca-masa sanggah. Baca juga aturan tes CPNS 2024

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.