Mental Berperan Besar dalam Duel Anthony Joshua vs Daniel Dubois

JAKARTA – Mental akan menjadi faktor penentu dalam laga Anthony Joshua vs Daniel Dubois. Pertarungan dua petinju Inggris tersebut akan memperebutkan gelar kelas berat IBF yang lowong, dan digelar di Stadion Wembley, London pasa Sabtu 21 September 2024.

Mantan juara kelas menengah super WBC dan IBF, Carl Froch mengatakan bahwa mental bertanding akan menjadi faktor penting dalam duel tersebut. Soal fisik, mantan juara asal Inggris tersebut mengatakan seimbang. Bahkan Dubois dianggap lebih baik, karena dalam usia 27 tahun dia lebih mudah 7 tahun dibandingkan Joshua.

“Dubois adalah petinju yang bagus, dan ini kesempatan terbesarnya. Tubuhnya besar dan kuat, dan punya pukulan keras. Bahkan menurut saya, dia lebih bagus dalam memukul ketimbang Joshua,” kata Froch seperti dikutip Daily Star.

Namun Froch menambahkan, bahwa dalam sebuah pertarungan akbar kekuatan mental juga sangat diperlukan selain fisik. Duel Joshua vs Dubois bakal digelar di Wembley, dan tiket dikabarkan sudah laku 96 ribu lembar.

“Itulah alasan saya menjagokan Joshua, karena dia lebih berpengalaman dalam pertarungan dunia. Dia sudah pernah bertanding di Wembley, di hadapan sangat banyak penonton. Sementara ini kali pertama untuk Dubois tampil di arena akbar. Tentu dia akan terganggung dengan perasaan takjub dalam dirinya,” kata Froch lagi.

Anthony Joshua (34 tahun) adalah mantan juara dunia dua kali. Peraih emas Olimpiade London 2012 itu mengusung rekor pro 28-3-0 (25 KO). Sementara Daniel Dubois (27 tahun) memiliki rekor 21-2-0 (20 KO). Kedua petinju itu memiliki postur yang nyaris sama, besar dengan tinggi badan di atas 190 cm.