Cara Mengubah Tampilan Ikon yang Berubah Warna di iOS 18

JAKARTA – Apple menambahkan perubahan baru ke dalam Mode Gelap di iOS 18. Sebelumnya, ikon aplikasi memiliki latar belakang yang terang, tetapi di iOS 18, latar belakangnya menjadi hitam saat Mode Gelap aktif.

Perubahan warna pada latar belakang ini merupakan sesuatu yang baru karena memberikan suasana yang benar-benar gelap. Meski beberapa pengguna menyukai perubahan ini, sebagian pengguna mungkin ingin tetap melihat latar belakang berwarna putih.

Jika Anda salah satu pengguna iPhone dengan iOS 18 yang terganggu dengan perubahan ini, Anda bisa mengubahnya dengan mudah karena Apple memberikan opsi untuk beralih latar belakang. Kustomisasi ikon aplikasi bisa diakses dengan cara berikut ini.

Dilansir dari How to Geek, Anda hanya perlu menekan ruang kosong di layar beranda hingga seluruh ikon aplikasi bergoyang. Saat aplikasi memasuki mode goyang, ketuk tombol Edit yang ada di sudut kiri atas layar hingga menu Kustomisasi terlihat di layar.

Setelah itu, klik menu tersebut. Saat pop-up kecil muncul di bagian bawah layar, Anda akan melihat pilihan latar belakang yang beragam, termasuk latar belakang hitam yang menjadi bawaan Mode Gelap. Ada empat tampilan latar belakang yang bisa dipilih.

Anda akan melihat opsi Terang, Gelap, Otomatis, dan Berwarna. Jika ingin membuat latar belakang ikonnya kembali seperti semula, Anda hanya perlu mengeklik opsi Terang. Kustomisasi ikon yang dipilih tidak akan memengaruhi tampilan tema pada perangkat.

Selain mengubah warna ikon aplikasi, menu Kustomisasi juga memberikan opsi untuk mengubah ukuran ikon. Anda bisa beralih dari ikon berukuran kecil ke ukuran besar, atau sebaliknya, dengan mengeklik tombol di atas opsi pilihan warna ikon.