Hong Kong Open 2024: Ginting Dapat Hasil Manis Pertama

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting, mendapat hasil manis pertama sejak tersingkir dari Olimpiade Paris 2024 dengan lolos ke babak kedua Hong Kong Open 2024.

Unggulan ketujuh turnamen itu memperpanjang langkahnya setelah menang 21-9, 12-21, dan 21-10 atas tunggal Perancis, Toma Junior Popov, pada Rabu, 11 September 2024, siang WIB.

"Bukan laga yang mudah karena kami sudah sama-sama mengenal permainan masing-masing. Dua pertemuan sebelumnya selalu ramai pun hari ini bermain rubber (game)," ujar Ginting usai pertandingan.

Dua pertemuan Ginting dan Popov sebelumnya masing-masing terjadi di Perancis Open 2023 dan babak penyisihan grup Olimpiade Paris yang baru saja berlalu pada akhir Agustus 2024.

Ginting memenangi bentrok pertama mereka di Perancis Open dan Popov kemudian membalasnya saat mereka bersua di Paris. Hasil itu membuat Ginting tidak lolos babak grup Olimpiade 2024.

Setelah dari Paris, Anthony Ginting sempat bermain di Jepang Open 2024 pada akhir Agustus 2024. Akan tetapi, saat itu dia tersingkir awal di babak pertama karena memutuskan mundur akibat cedera.

"Saya merasa lebih siap untuk mengatasi kondisi lapangan dan bisa memainkan pola permainan dengan baik hari ini," ujar peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu.

Ginting termasuk satu dari tiga tunggal putra Indonesia yang bermain di Hong Kong. Dua lainnya ialah Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Indonesia total punya 12 wakil di ajang berlevel Super 500 BWF itu. Sembilan wakil lainnya terdiri dari empat ganda putra, tiga tunggal putri, serta ganda campuran dan putri masing-masing punya satu wakil.