Macam-Macam Rasi Bintang Paling Terkenal di Langit Malam

YOGYAKARTA – Pernahkan Anda menatap langit malam yang penuh bintang dan membayangkan bentuk-bentuk unik yang tercipta dari kumpulan bintang-bintang tersebut? Bentuk-bentuk ini dikenal sebagai rasi bintang dan menjadi bagian dari budaya manusia sejak zaman kuno. Rasi bintang dapat digunakan untuk navigasi, penanda waktu, dan juga sebagai inspirasi dalam mitologi. Lantas, apa saja macam-macam rasi bintang? Simak penjelasan selengkapnya dalam ulasan di bawah ini.

Pengertian Rasi Bintang

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) Online, rasi bintang diartikan sebagai sekelompok bintang yang berdekatan dan terlihat berhubungan, membentuk suatu konfigurasi khusus.

Biasanya, rasi bintang mempunyai pola atau garis berbentuk binatang, mahluk mitologi, atau benda mati.

Menurut catatan sejarah rasi bintang kuno berasal dari mitologi Yunani dan Romawi. Seiring berjalannya waktu, rasi bintang dinamai dengan instrument ilmiah dan hewan-hewan eksotis.

Manfaat utama dari rasi bintang adalah sebagai dasar untuk menunjuk arah perjalanan utara, selatan, barat, dan tenggara.

Selain itu, rasi bintang juga bisa dijadikan sebagai dasar untuk menentukan musim dan kalender.

Macam-Macam Rasi Bintang

Dihimpun dari berbagai sumber, setidaknya terdapat 88 rasi bintang yang diakui secara resmi oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration/Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat). Dari jumlah tersebut, hanya ada beberapa rasi bintang yang populer di kalangan masyarakat.

Berikut ini adalah macam-macam rasi bintang paling terkenal yang perlu Anda ketahui:

  1. Rasi Bintang Scorpio

Scorpio termasuk salah satu dari 13 konstelasi bintang yang diketahui saat ini. Rasi bintang ini terkenal lantaran memiliki bentuk yang khas, yakni Kalajengking alias Scorpius dalam bahasa Latin.

Rasi bintang ini dapat disaksikan dari belahan bumi bagian Selatan dan sebagian besar belahan bumi bagian tengah Utara antara Mei-Agustus.

Rasi bintang Scorpio letakknya berdekatan dengan garis khatulistiwa di tempat-tempat belahan Bumi bagian Utara.

  1. Ursa Major

Ursa Major adalah rasi bintang terbesar di langit utara dan menjadi terbesar ketiga di langit.

Kumpulan bintang yang paling terang di Ursa Major membentuk asterisme biduk, sebuah pola bintang yang paling terkenal di langit.

Rasi bintang ini kerap disebut “beruang besar” lantaran banyak dogeng legenda di seluruh dunia yang mengaitkan Ursa Major dengan beruang.

  1. Ursa Minor

Menyadur laman Constellation Guide, rasi bintang ursa minor terletak di langit utara. Nama rasi bintang ini bermanka “beruang kecil”.

Ursa minor mudah dikenali karena mengandung asterisme littler doppler yang terkenal. Rasi bintang ini juga terkenal mendandai lokasi kutub di langit utara.  

Ursa minor merupakan rasi bintag ke-56 dalam hal ukuran, menempati area seluas 256 derajat persegi. Lokasinya berada di kuadran ketiga belahan bumi utara (NQ3) dan bisa dilihat pada garis lintang antara +90 dejarat dan minus 10 derajat.

  1. Rasi bintang cygnus

Cygnus adalah rasi bintag yang dapat disaksikan di langit utara. Rasi bintang ini memiliki enam bintang terang yang saling bersilangan, seperti tanda salib.

Menyadur The Sky Line, Cygnus adalah rasi bintang terbesar ke-16 di langit malam. Rasi bintang ini berada di kuadran keempat belahan bumi utara dan bisa didsaksikan pada garis litang plus 90 derajat dan minus 40 derajat.

  1. Orion

Orion adalah rasi bintang tertua yang diketahui oleh manusia. Letakknya berada di ekuator langit dan bisa dilihat di seluruh Bumi.

Orian tersusun dari bintag berbentuk seperti pria yang dengan mengacungkan pedang dan perisai,layaknya seorang pemburu.

Demikian informasi tentang macam-macam rasi bintang. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.