Bagikan:

YOGYAKARTA – Secara sederhana rasi bintang adalah sekelompok bintang di luar angkasa yang muncul dan menghasilkan pola tertentu. Kemunculan rasi bintang bisa dilihat saat langit cerah dari malam hingga menjelang pagi baik dengan teropong maupun mata telanjang. Terkait kapan rasi bintang mulai terlihat, jawabannya adalah tergantung rasi bintangnya.

Ada banyak rasi bintang dengan fungsi yang berbeda. Biasanya rasi tersebut muncul secara teratur tiap tahunnya dan bisa dilihat dari belahan bumi. Artinya, kapan bisa melihat rasi bintang bisa bergantung pada banyak hal, mulai jenis rasi bintang apa yang akan dilihat hingga di belahan bumi mana rasi bintang akan dilihat mengingat adanya zona waktu yang berbeda.

Kapan Rasi Bintang Mulai Terlihat

Bagi Anda yang ingin melihat rasi bintang, berikut ini kami sajikan rangkuman jadwal kemunculannya sesuai dengan waktu di Indonesia.

  1. Rasi Orion (Lintang Waluku)

Dalam sejarahnya, Rasi Orion terinspirasi dari tokoh mitologi Yunani yaitu Orion. Bentuknya menyerupai seorang pemburu yang mengarahkan busur panah. Di Indonesia, Rasi Orion dijadikan sebagai waktu penanda cocok tanam. Di Indonesia, rasi ini bisa dilihat malam hari pada bulan Oktober hingga awal Mei.

  1. Rasi Crux (Gubuk Penceng)

Rasi ini sangat populer terutama di belahan bumi Selatan. Ukurannya memang cukup kecil, namun punya fungsi yang penting terutama dalam bidang navigasi dan astronomi secara umum. Jadwal Rasi Crux sebenarnya bisa dilihat sepanjang tahun dan bisa dilihat di Indonesia wilayah Selatan, puncaknya di bulan April.

  1. Rasi Ursa Mayor (Biduk)

Rasi Ursa Mayor diartikan sebagai beruang besar. Rasi ini terdiri dari tujuh bintang dan bentuknya menyerupai gayung. Ursa Mayor digunakan sebagai penunjuk arah terutama oleh para pelaut yang sedang berlayar agar bisa menentukan arah Utara. Rasi ini bisa dilihat sepanjang tahun di langit bagian utara.

  1. Rasi Bintang Scorpio

Nama rasi ini justru lebih akrab dengan zodiak. Di dunia astrologi, Rasi Scorpio berguna sebagai penunjuk arah Timur dan Tenggara. Rasi ini akan sangat terlihat terutama saat musim kemarau yakni sekitar bulan Juni-Agustus.

  1. Rasi bintang Andromeda

Rasi ini berbentuk seperti huruf A, biasanya bersebelahan dengan rasi lain seperti Pisces, Triangulum, Perseus, Pegasus. Karena bersebelahan dengan rasi lain, Rasi Andromeda kerap digunakan untuk mencari rasi lain untuk tujuan penelitian. Rasi ini bisa dilihat di langit Utara. Kemunculannya akan terlihat jelas di bulan November.

  1. Rasi Sagitarius

Dalam ilmu pengetahuan, Rasi Sagitarius digunakan untuk menemukan pusat galaksi Bima Sakti. Rasi ini ada di belahan langit Selatan. Untuk melihat Rasi Sagitarius perlu dijadwalkan pada malam hari saat cuaca cerah selama bulan Agustus.

  1. Rasi Cygnus atau Angsa

Kata “Cygnus” dalam bahasa Yunani berarti angsa. Rasi ini bisa dilihat di langit bagian Utara. Rasi ini bisa dilihat saat malam hari mulai pukul 21.00 di bulan September. Agar pengelihatan lebih jelas, pilih saat langit cerah agar tak terhalang mendung.

Itulah informasi terkait kapan rasi bintang mulai terlihat. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.