Bagikan:

YOGYAKARTA - Terdapat beberapa manfaat rasi bintang dalam kehidupan manusia, selain menjadi objek keindahan langit malam. Salah satu bidang yang sangat terpengaruh oleh pengetahuan tentang rasi bintang adalah pertanian.

Lantas, bagaimana pola-pola bintang dapat membantu para petani dalam menentukan waktu tanam, panen, dan bahkan memprediksi cuaca? Mari kita bahas lebih lanjut melalui artikel berikut ini.

Apa Manfaat Rasi Bintang dalam Bidang Pertanian?

Dilansir dari laman US VAO (Virtual Astronomical Observatory), pada masa-masa awal, sebelum ditemukannya kalender dan almanak, para petani menggunakan rasi bintang untuk menentukan waktu terbaik untuk memulai menanam.

Meskipun rasi bintang zodiak adalah yang paling populer, ada beberapa rasi bintang lain yang membantu menandai waktu terbaik untuk menanam dan memanen. Berikut ini beberapa rasi bintang yang penting dalam pertanian:

1. Taurus

Taurus telah lama menjadi ciri khas langit awal musim semi. Bagi masyarakat pegunungan Andes, bintang ini merupakan indikator tanaman penting dan panduan untuk menanam.

Perlu diketahui, taurus adalah rasi bintang musim panas, dimana sebagian besar tanaman di belahan bumi utara dimaksudkan untuk ditanam pada musim semi dan dipanen pada musim gugur.

Dengan demikian, munculnya Taurus berarti musim tanam sedang berlangsung. Namun, masyarakat pegunungan Andes memiliki penggunaan lain untuk Taurus. Untuk gugusan kecil bintang dalam rasi bintang Taurus yang dikenal sebagai Pleiades atau Tujuh Saudari.

Ketika musim panas, penduduk desa akan naik ke gunung dan menyaksikan Taurus terbit, lalu mengukur kecerahan Pleiades. Jika bintang-bintang itu terang, maka waktu penanaman kentang perlu dimulai.

Namun jika bintang-bintang itu redup, itu berarti musim kekeringan sedang datang, dan penanaman akan ditunda untuk menghindari gagal panen karena kekurangan air.

Menariknya dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah menemukan bahwa teknik ini sebenarnya memprediksi siklus fenomena cuaca El Niño, yang dikenal karena pengaruhnya terhadap cuaca dan curah hujan di seluruh dunia.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Mengenal Istilah Asterisme, Pola Bintang Serupa Konstelasi

2. Leo

Leo Singa adalah salah satu konstelasi yang lebih mudah dikenali di langit malam, yang memiliki bentuk kait dan segitiga yang khas. Bintang ini muncul sekitar waktu ekuinoks musim semi.

Di masa pertanian Mesir Kuno, munculnya Leo menandai momen kritis tahun ini. Rasi ini dan naiknya matahari biasanya menandakan banjir Nil yang akan segera terjadi. Banjir membawa air yang diperlukan serta lumpur dan tanah yang kaya nutrisi ke Mesir, memungkinkan dimulainya musim tanam dan tumbuh.

Dalam kebudayaan lain, munculnya Leo berkorespondensi kira-kira dengan solstis musim semi. Selain itu, munculnya Leo menandai awal musim tanam dan akhir resmi musim dingin.

3. Pisces

Pisces adalah salah satu konstelasi terbesar di langit, tetapi juga salah satu konstelasi yang paling redup. Bintang ini sebagian besar adalah konstelasi Musim Gugur.

Pisces adalah salah satu konstelasi terbesar di langit (freepik)

Selain itu, munculnya Pisces menandakan bahwa Musim Gugur telah tiba. Di Belahan Bumi Utara, rasi ini akan menjadi tanda bahwa musim Panen telah berakhir atau hampir berakhir.

Pisces adalah salah satu konstelasi musiman penting yang dapat diidentifikasi oleh para petani untuk mengetahui datangnya solstis musim dingin, di mana merupakan waktu yang penting dalam kalender pertanian.

Selain Apa manfaat rasi bintang dalam bidang pertanian jelaskan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!