7 Perawatan Rumahan untuk Bantu Redakan Sindrom Carpal Tunnel

JAKARTA - Sindrom carpal tunnel atau CTS dapat terjadi ketika saraf di pergelangan tangan terjepit. Dalam banyak kasus, ini merupakan akibat dari aktivitas sehari-hari yang umum. Termasuk penggunaan handphone yang terlalu sering, memainkan alat musik, atau pekerjaan manual.

Gangguan ini biasanya dimulai secara perlahan dan bertahap. Tidak hanya memengaruhi tangan, Anda juga bisa merasakan mati rasa atau kesemutan di jari-jari, terutama jari telunjuk dan ibu jari. Anda juga bisa merasakan sensasi tidak nyaman atau lemah di pergelangan tangan.

Jika mengalami CTS ringan, Anda mungkin dapat meredakan gejalanya dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan. Berikut sembilan pengobatan rumahan meredakan carpal tunnel, disadur Healthline, Senin, 9 September.

Beristirahat dari pekerjaan berulang

Baik saat mengetik, bermain gitar, atau menggunakan peralatan kerja, cobalah menyetel pengatur waktu selama 15 menit sebelumnya. Saat pengatur waktu berbunyi, hentikan apa yang sedang Anda lakukan dan goyangkan jari-jari Anda. Regangkan tangan dan gerakkan pergelangan tangan untuk meningkatkan aliran darah ke area-area tersebut.

Gunakan wrist support pada pergelangan tangan

Menjaga pergelangan tangan tetap lurus dapat membantu mengurangi tekanan pada saraf median. Gejala lebih sering terjadi pada malam hari, jadi menggunakan wrist support pada malam hari dapat membantu mengurangi gejala sebelum muncul. Jika Anda memiliki masalah dengan pekerjaan berulang di tempat kerja, Anda juga dapat menggunakan belat pergelangan tangan pada siang hari.

Jangan paksakan tangan

Jika Anda merasa tegang atau memaksakan diri melakukan tugas seperti menulis, mengetik, atau menggunakan mesin kasir, kendurkan pegangan Anda atau kurangi tenaga yang Anda gunakan. Cobalah menggunakan pena dengan pegangan lembut atau mengetuk tombol dengan lebih ringan.

Perhatikan fleksi 

Untuk mengobati sindrom carpal tunnel dengan home remedi, Anda bisa menghindari aktivitas yang membuat pergelangan tangan Anda tertekuk secara ekstrem ke kedua arah. Cobalah untuk menjaga pergelangan tangan tetap netral sebisa mungkin.

Tetap hangat

Menjaga tangan tetap hangat dapat membantu meredakan nyeri dan kaku tangan. Pertimbangkan untuk mengenakan sarung tangan tanpa jari atau menyimpan penghangat tangan di dekat Anda.

Regangkan tangan

Anda dapat melakukan latihan pergelangan tangan dengan cepat saat mengantre di toko kelontong atau duduk di meja kerja. Misalnya, kepalkan tangan lalu geser jari-jari Anda hingga lurus kembali. Ulangi tindakan ini lima hingga 10 kali. Ini dapat membantu meredakan tekanan pada pergelangan tangan Anda.

Tinggikan tangan dan pergelangan tangan bila memungkinkan

Pengobatan rumahan ini sangat efektif jika CTS Anda disebabkan oleh kehamilan, patah tulang, atau masalah lain dengan retensi cairan. Coba letakkan tangan dan pergelangan di posisi yang lebih tinggi.

Jika tips dan trik ini tidak memberikan pengaruh terhadap gejala, pertimbangkan mengunjungi terapis fisik atau okupasi. Mereka dapat mengajarkan Anda latihan yang lebih sulit untuk merelaksasikan tangan dan meredakan gejala.