Siap Dukung Konektivitas ke IKN, Tol Balsam Punya Panjang 97,27 Km

JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menyebut, Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) merupakan jalan bebas hambatan pertama yang dibangun pemerintah di Pulau Kalimantan. Adapun total panjang tol ini mencapai 97,27 kilometer (km).

"Jalan Tol Balikpapan-Samarinda merupakan konektivitas bebas hambatan di Provinsi Kalimantan Timur dan merupakan tol pertama yang ada di Pulau Kalimantan dengan total panjang mencapai 97,27 km," jelas @pupr_bpjt dalam unggahannya, dikutip Senin, 9 September.

Jalan tol ini memiliki 5 seksi, yakni Seksi 1 & 5 ruas Balikpapan-Samboja memiliki panjang 32,40 km yang merupakan dukungan pemerintah. Lalu, Seksi 2, 3 dan 4 ruas Samboja-Samarinda sepanjang 64,87 km merupakan dukungan dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Balikpapan Samarinda.

Diketahui, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki peran penting dalam memangkas waktu perjalanan yang lebih cepat, yakni biasanya perjalanan mencapai 3-4 jam lamanya. Namun, saat ini hanya 1,5-2 jam saja.

Adapun jalan tol ini merupakan bagian dari konektivitas pendukung menuju kawasan Ibu Kota Negara (IKN) yang bisa dilalui langsung antar tol. Sehingga, dengan terhubungnya dua ruas tol ini, pengguna dapat langsung menuju Sepaku dan masuk ke IKN.

"Dan nantinya akan menjadi konektivitas pendukung menuju kawasan IKN Nusantara, dilalui langsung antar tol yang semakin cepat!" pungkasnya.