Peringati Kematian Ibunya, Raja Charles III Berdoa di Gereja

LONDON — Raja Charles III mendatangi gereja di dekat perkebunan kerajaan Balmoral di Skotlandia untuk berdoa dan merenung dalam rangka mengenang ibunya, Ratu Elizabeth II.

Charles dan Camilla terlihat datang untuk kebaktian Minggu pagi di gereja granit kecil Crathie Kirk, tempat ibadah keluarga kerajaan saat mereka tinggal di dekat Kastil Balmoral. Nenek buyut Charles, Ratu Victoria, meletakkan batu fondasi gereja, dan Elizabeth adalah pengunjung tetap.

Charles naik takhta dua tahun lalu pada hari Minggu ketika ibunya meninggal dalam tahun Platinum Jubilee setelah memerintah selama tujuh dekade. Charles, 75 tahun, dan istrinya Camilla telah menghabiskan musim panas di Dataran Tinggi Skotlandia, tempat mendiang raja meninggal pada usia 96 tahun pada tanggal 8 September 2022.

Tahun keduanya sebagai raja ditandai oleh dua pukulan kesehatan yang signifikan — baik Charles maupun menantu perempuannya Kate, Putri Wales, mengumumkan bahwa mereka didiagnosis dengan jenis kanker yang tidak ditentukan pada awal tahun ini.

Ratu secara bertahap kembali ke tugas publik, melakukan puluhan kunjungan, pertemuan, dan acara. Pada hari Sabtu, Charles, mengenakan kilt tartan, dan Camilla terlihat tertawa dan bersemangat saat mereka mengunjungi Braemar Gathering Highland Games, acara tahunan yang menampilkan permainan bagpipe, tarian Highland, dan permainan tradisional termasuk tarik tambang.