Bluetooth Versi 6.0 Resmi Diluncurkan, Ada Fitur Dukungan untuk Solusi Find My dari Apple

JAKARTA – Bluetooth Special Interest Group (SIG) memperkenalkan versi terbaru dari teknologi nirkabel jarak pendeknya, yaitu Bluetooth versi 6.0. Spesifikasi terbaru ini menghadirkan fitur-fitur yang telah disempurnakan.

Ada banyak fitur yang ditambahkan ke Bluetooth versi 6.0, mulai dari fitur Sounding, peningkatan pada Isochronous Adaptation Layer (ISOAL), hingga pembaruan ruang bingkai. Harapannya, seluruh fitur ini dapat membantu pengembang dalam membangun aplikasi yang lebih baik.

"Berkat dedikasi dan kerja keras komunitas Bluetooth, teknologi Bluetooth terus berkembang untuk menyertakan lebih banyak fitur dan jenis perangkat guna mewujudkan visi kita tentang dunia tanpa kabel," ungkap Bluetooth dalam sebuah pernyataan.

Fitur pertama yang ditambahkan ke versi 6.0 adalah Bluetooth Channel Sounding yang sangat berguna bagi solusi Find My buatan Apple. Inovasi ini dapat menghadirkan kesadaran jarak sehingga memudahkan masyarakat dalam mencari barang yang hilang.

"Bluetooth Channel Sounding akan menambahkan lapisan keamanan yang kuat, memastikan bahwa hanya pengguna yang berwenang dalam jarak tertentu yang dapat membuka kunci pintu atau mengakses area yang aman," kata Bluetooth.

Berikutnya ada penyaringan iklan berbasis keputusan yang membantu perangkat dalam memindai konten paket yang diterima melalui saluran iklan primer. Fitur ini akan meningkatkan efisiensi pemindaian dengan mengurangi waktu selama memindai di saluran sekunder.

Fitur lain yang Bluetooth tambahkan adalah peningkatan ISOAL untuk mentransmisikan bingkai data yang lebih besar dalam paket lapisan tautan yang lebih kecil. Lapisan ini akan memastikan informasi waktu yang diperlukan untuk pemrosesan data.

"ISOAL telah ditingkatkan dengan mendefinisikan mode pembingkaian baru yang mengurangi latensi untuk kasus penggunaan yang sangat sensitif terhadap masalah ini. Fitur yang sama juga meningkatkan keandalan," jelas Bluetooth.

Masih ada beberapa fitur lainnya yang Bluetooth tambahkan ke versi 6.0, di antaranya alat untuk memantau pengiklan, LL Extended Feature Set, dan pembaruan ruang bingkai. Seluruh fitur yang Bluetooth tambahkan merupakan bukti dari tren teknologi yang selalu diperbarui secara berkala.