Deretan Fitur Apple Music Terbaru di iOS 18, Mulai dari Music Haptics Hingga Perubahan Nama Tab

JAKARTA – Apple Music akan mendapatkan banyak pembaruan saat iOS 18 dirilis. Beberapa pembaruan akan ditambahkan ke iOS 18, sedangkan sebagiannya lagi akan ditambahkan ke versi minor atau iOS 18.1.

Dilansir dari 9to5mac, Apple Music akan mendapatkan peningkatan fitur hingga perubahan di bagian pengaturan. Perubahan pertama yang akan dilihat pengguna Apple Music adalah peningkatan di fitur SharePlay. Saat iOS 18 diluncurkan, fitur ini dapat digunakan tanpa perlu berlangganan.

Perubahan berikutnya adalah tab Baru yang menggantikan tab Telusuri. Meski nama tab-nya berubah, pengguna akan tetap melihat isi konten yang sama. Pihak perusahaan sengaja mengubah nama tab Baru agar namanya lebih sesuai dengan isi dan tujuan tab-nya.

Peningkatan lainnya yang ditambahkan ke iOS 18 adalah Music Haptics. Fitur aksesibilitas ini dirancang untuk pengguna yang memiliki gangguan pendengaran. Berkat fitur ini, pengguna bisa menikmati musik melalui ketukan, tekstur, dan getaran halus.

Apple sempat menjelaskan bahwa fitur ini tak hanya tersedia di Apple Music. Saat pengguna telah memperbarui sistem perangkatnya, mereka bisa menggunakan Music Haptics di Apple Music Classical dan aplikasi musik yang mendukung dari pihak ketiga.

Selanjutnya, pengguna Apple Music akan mendapatkan tombol Putar Terakhir yang disempurnakan. Fitur ini akan berubah nama menjadi Putar Setelah dan pengguna bisa melihat musik apa saja yang akan diputar.

Terakhir, Apple akan membuat pengalaman mendengarkan musik di iPad sedikit berbeda dengan iPhone. Apple Music di iPad akan menampilkan bilah tab baru yang bisa disesuaikan. Pengguna bisa menambahkan Daftar Putar Individual, Folder Daftar Putar, Artis, Album, dan lainnya ke dalam bilah tab tersebut.