Bagikan:

JAKARTA – Apple mulai merilis iOS 18 ke beberapa perangkat yang kompatibel pada Senin, 16 September. Ada banyak pembaruan yang disertakan dan beberapa di antaranya meningkatkan performa Apple Music.

Salah satu perubahan yang sudah terlihat, dilansir dari 9to5mac, adalah pembaruan pada tab Telusuri. Melalui pembaruan iOS 18, tab ini resmi berubah nama menjadi tab Baru. Meski perubahannya tidak begitu terlihat, tab ini mengalami peningkatan.

Tab ini memiliki bagian untuk melihat Lagu Terbaru, Rilisan Baru, dan Daftar Putar yang Diperbarui. Kini, seluruh fitur tersebut dikurasi dengan cara yang berbeda, yaitu berdasarkan selera musik pengguna. Pengguna Apple Music tidak akan melihat konten yang sama lagi.

Platform streaming musik ini masih melibatkan editor manusia, di mana pengguna bisa memilih item yang akan ditampilkan di seluruh genre dan sistem akan menyajikan item yang paling relevan berdasarkan algoritmik.

BACA JUGA:


- https://voi.id/teknologi/417165/pengamat-medsos-akun-kaskus-fufufafa-sulit-dibuktikan-milik-gibran 

- https://voi.id/teknologi/417060/robot-penjelajah-perseverance-pecahkan-rekor-ketinggian-baru 

- https://voi.id/teknologi/416989/pengguna-apple-watch-bisa-ubah-nada-dering-di-watchos-11 

- https://voi.id/teknologi/416949/google-research-akan-ciptakan-satelit-pendeteksi-kebakaran-hutan

- https://voi.id/teknologi/416942/nasa-kembangkan-standar-waktu-bulan-untuk-misi-artemis

Lagu yang ditampilkan berdasarkan sistem algoritmik ini akan menghasilkan pengalaman yang dipersonalisasi. Agar pendekatan musiknya maksimal, Apple sengaja mengombinasikan editorial manusia dan mesin algoritmik di tab tersebut.

Selain memperbarui tab, Apple Music juga akan menambahkan fitur Music Haptics bagi pengguna yang mengalami gangguan pendengaran atau tuli. Fitur aksesibilitas ini akan menghadirkan musik lewat ketukan, tekstur, dan getaran halus.

Tak hanya itu, Apple juga akan mengubah tombol Putar Terakhir menjadi Putar Setelah. Sama seperti tab Baru, Apple hanya mengubah namanya dan menambahkan sedikit peningkatan. Fitur Putar Setelah akan membantu pengguna dalam melihat musik yang akan di putar.