Meta Akan Memberitahu Warga Brasil Tentang Penggunaan Data Pribadi untuk Melatih AI

JAKARTA - Raksasa media sosial Meta Platforms Inc., akan memberitahu warga Brasil tentang bagaimana mereka menggunakan data pribadi untuk melatih kecerdasan buatan generatif (AI). Langkah ini dilakukan setelah permintaan dari pengawas perlindungan data negara tersebut.

Pengguna Meta di Brasil akan mulai menerima pemberitahuan melalui email dan notifikasi di Facebook dan Instagram mulai Selasa, 3 September. Mereka juga akan diberi opsi untuk menolak penggunaan data pribadi oleh perusahaan tersebut untuk melatih AI generatif, kata Meta dalam sebuah pernyataan.

Pada bulan Juli, Otoritas Perlindungan Data Nasional Brasil (ANPD) sempat menangguhkan kebijakan privasi baru Meta terkait penggunaan data pribadi untuk melatih AI. Namun, penangguhan ini dicabut pada Jumat 30 Agustus setelah Meta setuju untuk memberikan informasi kepada pengguna.

Pada bulan yang sama, Meta juga menghentikan sementara penggunaan alat AI generatif di Brasil, termasuk alat yang digunakan untuk membuat stiker AI yang populer di platform pesan WhatsApp. Brasil adalah pasar terbesar kedua bagi WhatsApp.

Pada saat itu, Meta menyatakan bahwa penghentian alat AI tersebut dilakukan sambil bernegosiasi dengan ANPD untuk menjawab keraguan otoritas terkait penggunaan AI generatif.

Saat ditanya oleh Reuters pada Selasa, 3 September  apakah alat tersebut akan kembali diaktifkan setelah ANPD mencabut penangguhan, Meta hanya menegaskan bahwa penangguhan tersebut diberlakukan selama perusahaan bernegosiasi dengan ANPD.