Peralihan ke Google Messages Sebabkan Masalah di Aplikasi Pesan Buatan Samsung

JAKARTA – Samsung terus mendorong penggunaan Google Messages di beberapa ponsel Galaxy, termasuk ponsel lipat terbarunya. Sayangnya, dorongan ini menimbulkan masalah di aplikasi pesan buatan Samsung.

Sejumlah pengguna Samsung Messages, aplikasi pesan bawaan buatan Samsung, mengeluhkan masalah kinerja setelah perusahaan menjadikan Google Messages sebagai aplikasi default. Masalah ini banyak dibicarakan di Reddit, mengutip dari 9to5google.

Saat aplikasi Samsung Messages digantikan dengan Google Messages di perangkat mereka, sejumlah pengguna merasa terganggu karena aplikasi pesan buatan Google bekerja dengan sangat lambat. Namun, sepertinya mereka tidak diizinkan untuk beralih aplikasi.

Perubahan aplikasi pesan bawaan ini telah membuat pesan yang dibintangi atau ditandai menghilang. Selain itu, beberapa ruang obrolan dilaporkan menghilang setelah perubahan dirilis, padahal pengguna tidak pernah menghapusnya secara sengaja.

Belum diketahui dengan pasti apakah masalah ini terjadi karena bug atau memang disengaja oleh Samsung. Namun, banyak pengguna yang meyakini bahwa perusahaan sengaja memaksa mereka untuk beralih ke Google Messages yang sudah menjadi aplikasi default.

Tidak diketahui dengan pasti perangkat apa saja yang mengalami masalah di Samsung Messages. Namun, sejumlah pengguna Reddit yang mengeluhkan masalah tersebut mengaku bahwa mereka menggunakan Galaxy S21 Ultra.

Meski Samsung telah mengubah aplikasi pesan default di beberapa jenis ponselnya, perusahaan itu tidak menghapus Samsung Messages dan pengguna masih bisa menggunakan aplikasinya. Namun, ada kemungkinan Samsung akan menghapus aplikasinya di masa depan.