Gara-gara Pindah ke Arab Saudi, Pemain Termahal di Eredivisie Dicoret Koeman dari Timnas Belanda

JAKARTA - Pelatih Belanda Ronald Koeman langsung mencoret striker Steven Bergwijn dari tim nasional yang akan melakoni laga di UEFA Nations League. Gara-gaanya, Bergwijn yang pernah menjadi pemain termahal Eredivisie Belanda ini pindah ke Arab Saudi setelah direkrut Al-Ittihad.

Koeman tak memasukkan Bergwijn saat Belanda hendak menghadapi pertandingan League A Grup 3 Bosnia & Herzegovina di Stadion Philips, Eindhoven, Minggu, 8 September 2024 dini hari WIB. Selanjutnya, tim Oranje menjamu rival bebuyutan Jerman di Stadion Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Rabu, 11 September 2024 dini hari WIB.

Bergwijn dicoret hanya gara-gara dirinya meninggalkan Ajax Amsterdam untuk bergabung dengan klub Liga Pro Arab Saudi, Al-Ittihad. Menurut Koeman sang pemain sudah tidak lagi memiliki motivasi tinggi bermain sepak bola sehingga memilih bermain di liga dengan level kompetisi yang tidak ketat.

Koeman menilai bukan pilihan tepat bagi Bergwijn untuk pergi dari Ajax meski performa dia mengalami penurunan. Pasalnya, pemain sayap berusia 26 ini tetap bisa bertahan di Ajax atau pindah ke klub lain di Eredivisie Belanda atau liga Eropa lainnya.

Bahkan Koeman menuding uang yang menjadi motivasi Bergwijn karena dirinya sudah pasti mendapat bayaran sangat besar saat memutuskan menerima tawaran dari A-Ittihad.

"Peluang dia [untuk bergabung dengan timnas] tertutup sudah. Dia tentu sudah tahu apa yang ada dalam pikiran saya," kata Koeman.

"Saat Anda masih berusia 26, tetapi motivasi utama Anda sudah tidak lagi sepak bola tetapi uang. Pilihan itu sepenuhnya ada pada pemain," ucapnya.

"Saya tak akan pernah berada dalam situasi seperti. Bila menghadapinya, saya bisa saja pindah ke Barcelona. Dia bisa saja bertahan ke Ajax. Dan itu, bukan hal yang buruk. Tentu Anda harus menghormati keputusan itu. Tetapi bila saya yang mengalaminya, saya tidak akan pindah," kata Koeman lagi.

Kepindahan Bergwijn menjadi salah satu kejutan di Liga Belanda. Pasalnya dia merupakan salah satu bintang timnas yang bertahan di Eredivisie. Bergwijn membawa PSV Eindhoven memenangi Liga Belanda tiga kali, yaitu 2015, 2016 dan 2018. Dia juga mengangkat trofi Johan Cruyff Shield pada 2016.

Sukses di PSV, dia kemudian direkrut Totenham Hotspur pada 2020. Namun pemain yang memiliki 35 caps ini kurang menonjol di Premier League Inggris dan dua tahun kemudian kembali ke Belanda dengan memperkuat Ajax.

Kepindahannya ke Ajax memecahkan rekor transfer Liga Belanda. Raksasa Eredivisie ini membelinya dengan harga 31,25 juta euro. Namun dia kemudian hengkang dari Ajax untuk menerima tawaran bermain di Arab Saudi.

Selain Bergwijn, Koeman mencoret striker Memphis Depay dengan alasan berbeda. Depay belum memiliki klub sejak dilepas Atletico Madrid. Saat ini, dia masih melakukan negosiasi dengan Sevilla dan berharap bisa bergabung dengan klub La Liga Spanyol itu.

"Persoalannya karena dia tak punya klub. Ini berarti Anda tak rutin bertanding dan ini membuat Anda tak bisa masuk timnas. Memphis sudah berusia 30 dan saya berharap dia segera mendapat klub agar tetap fit. Bila dia sudah mendapat klub, maka saya bisa mempertimbangkan dia lagi," ucap Koeman.

Hal sama dengan gelandang Marten de Roon dan Georginio Wijnaldum yang dicoret dari timnas. Namun Koeman memastikan mereka tetap menjadi opsi masuk timnas. Sebaliknya, bek Girona Daley Blind sudah tak lagi masuk skuat. Dirinya sudah menyatakan pensiun dari timnas.