Mahfud MD Desak KPK Cari Tahu Kaitan Jet Pribadi yang Dipakai Kaesang dengan Jabatan Jokowi-Gibran

JAKARTA - Eks Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut jet pribadi yang digunakan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. Ada atau tidaknya kaitan dengan jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) maupun eks Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka harus ditelusuri.

Hal ini disampaikan Mahfud lewat Podcast Terus Terang yang diunggah akun YouTubenya, Mahfud MD Official. Awalnya, dia mengamini dugaan penerimaan gratifikasi memang hanya bisa menjerat pejabat.

“Gratifikasi itu memang hanya untuk pejabat. Tapi, kalau KPK-nya mau itu bisa diusut ada kaitannya enggak dengan jabatan saudaranya atau jabatan bapaknya. Itu kan bisa. Logika hukum itu kan bekerja seperti itu,” kata Mahfud yang dikutip pada Selasa, 3 September.

KPK, sambung Mahfud, tak boleh asal bilang Kaesang bukan penyelenggara negara. “Ya, mungkin dia dapat sesuatu dari kakaknya (lewat, red) perusahaan jet itu,” tegasnya.

“Atau dapat sesuatu dari presiden tapi tahu tidak bisa menerima jadi, ‘sudah kasihkan saja ke adik saya saja’. Kan bisa, itu kan gratifikasi. Atau ada stafnya yang bilang, ‘jangan kasih ke sini, kasih ke sana aja’ itu yang harus diselidiki. Harusnya memanggil dong (KPK, red),” sambung eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

Hanya saja, Mahfud bilang panggilan ini mungkin bakal lama dilakukan. Sebab, keberadaan anak bungsu Presiden Jokowi itu belum diketahui.

Sebagai informasi, Kaesang dan istrinya, Erina Gudono tak terdengar kabarnya setelah informasi mereka berpergian dengan pesawat jet pribadi ramai di Tanah Air. “Aneh sih, lalu dibilang KPK, yang saya baca, saya enggak tahu di mana. Mau dipanggil orangnya enggak diketahui. Masih di luar negeri atau sudah pulang,” ujarnya.

Dia berharap pemanggilan ini bisa membuat terang asal duit yang jet pribadi yang digunakan Kaesang dan istrinya saat plesiran ke Amerika. “Meskipun saya dengar dari Pak Alex itu untuk pencegahan bukan utk penyelidikan. Artinya itu belum (ditemukan, red) dugaan tindak pidana gratifikasi ini kayak apa tapi bisa ditemukan,” kata Mahfud.

Diberitakan sebelumnya, Kaesang Pangarep yang merupakan anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya, Erina Gudono jadi sorotan gara-gara naik pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat. Selain itu, menantu Jokowi tersebut juga mengunggah gaya hidup mewah seperti makan roti Rp400 ribu hingga beli stroller bayi seharga puluhan juta saat di AS.

Terhadap temuan ini, KPK mengaku akan minta klarifikasi Kaesang. Apalagi, ada dugaan jet pribadi ini difasilitasi pihak lain.

“Surat sedang dikonsepkan, surat undangan,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat, 30 Agustus.

Alexander menyebut pemanggilan ini sebenarnya mekanisme biasa dan tidak terkait dengan upaya penindakan. Mereka hanya ingin tahu asal duit yang digunakan untuk menyewa jet pribadi yang digunakan Kaesang dan istrinya.