Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi soal putra bungsunya, Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono diduga menggunakan pesawat jet pribadi saat bepergian ke Amerika Serikat.

Alih-alih membela, Jokowi justru menegaskan setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama di mata hukum, termasuk putra presiden.

"Ya semua warga negara sama di mata hukum, itu saja ya," kata Presiden Jokowi seusai menonton laga Indonesia vs Australia di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa 10 September.

Diberitakan sebelumnya, wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka buka suara perihal dugaan penggunaan pesawat jet pribadi tersebut.

"Tanyakan Kaesang ya," ungkap Gibran di sela blusukan dengan pasangan bakal calon wali kota dan bakal calon wakil wali kota Solo dari KIM Plus, Respati Ardi-Astrid Widayani, Selasa pekan lalu.

Gibran membantah Kaesang Pangarep menggunakan fasilitas jet pribadi dari hasil kerja sama dengan Shopee.

"Enggak ada kayak gitu. Jangan ngawur, enggak ada itu," tegasnya.

"MoU-nya itu profesional antara Pemkot Solo, (Solo) TechnoPark, dan Shopee. Enggak ada yang kayak begituan ya," jelasnya.

Sebelumnya, Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) melaporkan dugaan gratifikasi dan telah mengirimkan dokumen MoU antara Pemkot Solo dan PT Shopee International Indonesia ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dokumen tersebut mencantumkan tanda tangan Gibran sebagai wali kota Solo pada saat itu.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyebutkan MoU itu ditandatangani oleh Gibran dan pihaknya berencana membantu KPK menelusuri dugaan gratifikasi terkait penggunaan jet pribadi Gulfstream G650ER oleh Kaesang Pangarep.

Pesawat tersebut dimiliki Garena Online perusahaan yang bernaung di bawah Shopee dan Sea Limited, Singapura.Sebelumnya, Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) melaporkan dugaan gratifikasi dan telah mengirimkan dokumen MoU antara Pemkot Solo dan PT Shopee International Indonesia ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dokumen tersebut mencantumkan tanda tangan Gibran sebagai wali kota Solo pada saat itu.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyebutkan MoU itu ditandatangani oleh Gibran dan pihaknya berencana membantu KPK menelusuri dugaan gratifikasi terkait penggunaan jet pribadi Gulfstream G650ER oleh Kaesang Pangarep.

Pesawat tersebut dimiliki Garena Online perusahaan yang bernaung di bawah Shopee dan Sea Limited, Singapura.