Apple Music Luncurkan Fitur Transfer Daftar Putar ke YouTube Music

JAKARTA – Sejak pertama kali diluncurkan, Apple Music tidak memiliki alat untuk memindahkan daftar putar ke platform musik lainnya. Namun, kini Apple membuat alat khusus yang terhubung dengan YouTube Music.

Melalui halaman dukungan yang dirilis baru-baru ini, Apple mengatakan bahwa platform streaming musik buatannya sudah bisa memindahkan daftar putar ke YouTube Music. Meski dipindahkan, daftar putar tidak akan terhapus dari Apple Music.

Proses pemindahan daftar putar membutuhkan waktu beberapa menit, tergantung dengan jumlah daftar putar yang dipindahkan. Semakin banyak daftar putar yang dipindahkan ke YouTube Music, proses pemindahannya bisa mencapai beberapa jam.

Apple mengatakan bahwa pengguna hanya bisa memindahkan daftar putar pribadi atau daftar putar kolaboratif. Alat transfer ini tidak akan memindahkan file musik atau folder untuk mengatur daftar putar yang ada di Apple Music.

Cara Memindahkan Daftar Putar

Ada beberapa ketentuan yang harus diikuti pengguna sebelum memindahkan daftar putar mereka ke platform musik lain. Pertama, pengguna harus berlangganan Apple Music atau iTunes Match. Kedua, pengguna harus memiliki akun YouTube Music yang aktif.

Jika kedua hal ini sudah dimiliki, pengguna Apple Music dan YouTube Music bisa langsung memindahkan daftar putar dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka halaman Data dan Privasi Apple.
  2. Masukan akun ID Apple yang digunakan.
  3. Pilih opsi Transfer Salinan Data Anda.
  4. Ikuti petunjuk yang tersisa hingga daftar putar dipindahkan.

Sebelum memindahkan daftar putar, pastikan aplikasi YouTube Music sudah tersambung dengan akun yang ingin digunakan. Saat proses transfer berjalan, pengguna akan menerima pemberitahuan di email yang tertaut dengan akun ID Apple.