Cara Menonton Video YouTube dengan Batasan Usia Tanpa Login

JAKARTA – Tidak semua konten YouTube bisa ditonton secara bebas oleh penggunanya. Beberapa video menerapkan batasan usia sehingga Anda harus melakukan konfirmasi sesuai dengan kebijakan dari YouTube.

Saat mengonfirmasi usia, akun Anda sudah harus terpasang di aplikasi seluler atau situs web YouTube. Cara ini memang sangat merepotkan jika Anda ingin menonton video di perangkat lain tanpa memasukkan akun dan mengonfirmasi usia.

Dilansir dari Makeuseof, Anda tetap bisa menonton video dengan batasan usia tanpa perlu login dan mengonfirmasi usia. Biasanya, video dengan batasan usia bisa diakses dengan bebas melalui situs web alternatif yang bisa dibuka di browser Anda.

Situs web pertama adalah Invidious. Melalui platform ini, Anda bisa mencari video apa pun dan memutarnya seperti biasa. Anda juga bisa menyalin URL video melalui situs web YouTube, lalu menempelkan URL-nya bilah pencarian Invidious.

Situs web berikutnya yang bisa digunakan adalah ListenOnRepeat. Sama seperti Invidious, situs web alternatif ini bisa digunakan untuk menonton video apa pun yang Anda inginkan. Menariknya, ListenOnRepeat menawarkan fitur favorit di halaman utama.

Selain dua situs web tersebut, Anda juga bisa mengunduh dua aplikasi YouTube alternatif, yaitu FreeTube, NewPipe, dan SkyTube. FreeTube bisa diunduh di Windows, macOS, dan Linux. Sementara itu, dua aplikasi terakhir bisa diunduh di Android.

FreeTube bisa diunduh dengan mudah melalui situs web resminya. Sayangnya, pengunduhan aplikasi NewPipe dan SkyTube tidak mudah. Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga atau melalui F-Droid karena keduanya tidak tersedia di Google Play Store.