Audi Q5 Sportback Generasi Terbaru Tertangkap Kamera dengan Sejumlah Pembaruan, Apa Saja?

JAKARTA - Merek otomotif ternama dari Jerman, Audi dikabarkan tengah mempersiapkan model Q5 Sportback terbaru demi melengkapi jajaran kendaraan bermesin pembakaran internal (ICE).

Melansir dari Carscoops, Senin, 26 Agustus, coupe-SUV ini terlihat dengan balutan stiker penyamaran namun terlihat sketsa desain terbaru dengan jelas. Mobil ini menampilkan lampu depan LED agresif, grill honeycomb, dan intake pada bumper depan seperti model Audi terbaru lainnya.

Karena mobil ini mengusung desain coupe, Q5 Sportback terbaru memiliki garis atap yang landai dan bagian belakang yang telah direvisi. Pelek dan lampu belakangnya memiliki pembaruan yang membedakan dibanding sebelumnya.

Namun, model tersebut juga mempertahankan sejumlah desain seperti versi lamanya seperti kaca belakang miring tajam yang ditutupi spoiler atap. Lampu belakang baru juga terpasang lebih tinggi dari sebelumnya dan terlihat terhubung di atas pelat nomor.

Mobil tersebut tampil lebih sporty dengan menonjolkan pipa knalpot sekaligus membuktikan kendaraan ini ditenagai oleh mesin bensin.

Berpindah ke bagian dalam, dasbor dari Audi Q5 Sportback terbaru akan dihiasi oleh kluster instrumen digital 11,9 inci, layar infotainmen 14,5 inci, dan layar penumpang opsional 10,9 inci.

Sementara itu, ruang kepala belakang pada Q5 Sportback juga akan ditampilkan lebih rendah dibandingkan sebelumnya agar mengoptimalkan sisi aerodinamika.

Coupe-SUV ini akan menggunakan arsitektur Premium Platform Combustion (PPC) atau versi terbaru dari MLB Evo. Platform ini juga mendasari model A5 Sedan dan Avant terbaru.

Mobil ini juga terlihat diuji coba dengan menampilkan port pengisian daya, yang memungkinkan Q5 Sportback usung teknologi Plug-In Hybrid (PHEV) dengan menggabungkan mesin 4-silinder bensin 2,0 liter turbocharged dan diesel turbo untuk pasar Eropa. Selain itu, model ini juga berpotensi dilengkapi sistem mild-hybrid 48V yang dikembangkan secara mandiri.

Performanya akan digabungkan dengan transmisi dual-clutch tujuh percepatan dengan penggerak semua roda yang menjadi standar.

Sementara itu, merek berlogo empat cincin ini juga hadirkan SQ5 yang berfokus pada performa dengan menampilkan mesin V6 TFSI 3,0 liter mild-hybrid dengan tenaga sekitar 360 dk ditambah dengan pengadopsian bodi lebih agresif serta pengendalian yang responsif.

Audi akan memperkenalkan Q5 dan Q5 Sportback generasi terbaru pada musim gugur ini dengan harapan bakal hadir dengan sejumlah varian sehingga pembeli memiliki berbagai opsi.