Kalahkan Tesla, BMW Kuasai Pasar Mobil Listrik Eropa untuk Kali Pertama

JAKARTA - Penjualan mobil listrik di Eropa sedang tak baik-baik saja terutama pada bulan Juli yang turun hingga 6 persen. 

Meski turun ada pencapaian positif yang didapat pabrikan Jerman BMW yang berhasil mengalahkan Tesla dan menjadi pemimpin pasar mobil listrik di Eropa pada Juli 2024. Ini merupakan kali pertama BMW berhasil menduduki posisi teratas dalam penjualan mobil listrik di kawasan ini.

Melansir Carscoops, 23 Agustus, dari data JATO (Riset pasar otomotif dan otomotif global) BMW berhasil meningkatkan penjualan mobil listriknya sebesar 35 persen dibandingkan tahun sebelumnya dengan catatkan penjualan 14.869 unit BEV selama Juli atau unggul tipis dari Tesla.

Tesla yang sebelumnya selalu mendominasi pasar mobil listrik di Eropa, harus puas dengan posisi kedua yang menjual sebanyak 14.561 unit. Model Y tetap menjadi mobil listrik terlaris di Eropa dengan berhasil terjual sebanyak 9.544 unit, namun penjualan Tesla secara keseluruhan menurun.

Model-model seperti BMW iX1 SUV dan BMW i4 Gran Coupe juga berkontribusi besar dalam kesuksesan BMW.

Analis global dari JATO Felipe Munoz menyatakan bahwa ketidakjelasan mengenai insentif dan masa depan mobil listrik masih menjadi kendala bagi konsumen. Hal ini, bersama dengan nilai residual yang rendah dari mobil listrik, berkontribusi pada penurunan penjualan pada bulan Juli.

Sementara untuk jenis model mobil secara keseluruhan baik listrik dan non listrik di Eropa pada Juli adalah Dacia Sandero dengan berhasil terjual sebanyak 22.398 unit. Mobil bermesin bensin ini tetap menjadi pilihan favorit konsumen.

Volkswagen masih memimpin pasar mobil secara umum di Eropa dalam hal penjualan merek dengan berhasil registrasi secara keseluruhan 108.959 unit, diikuti oleh Toyota (75.338 unit) dan BMW (64.012 unit), Skoda (59.727 unit), dan peringkat ke-5 dihuni Mercedes 59.545 (unit).

Menariknya dari data JATO, didapatkan jika popularitas SUV terus meningkat, dengan lima dari sepuluh mobil terlaris adalah SUV.