Jepang Open 2024: Fajar/Rian dan Leo/Bagas ke Perempat Final

JAKARTA – Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana lolos ke perempat final Jepang Open 2024.

Fajar/Rian memperpanjang perjalanan mereka di turnamen berlevel Super 750 BWF ini usai menang atas pasangan Malaysia, Choong Hon Jian/Muhammad Haikal.

Juara All England 2024 tersebut dipaksa bangkit dari kekalahan di set pertama untuk mengamankan kemenangan dengan skor akhir, 16-21, 21-8, dan 21-15.

"Secara keseluruhan saya tidak bisa mengontrol permainan di area depan dengan baik. Saya masih terburu-buru dan banyak melakukan kesalahan. Terutama di gim pertama. Itu permainan yang buruk," ujar Rian.

Pada babak perempat final, Jumat, 23 Agustus 2024, Fajar/Rian akan bersua dengan unggulan kedelapan asal Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin. Di atas kertas, Fajar/Rian memegang rekor menang-kalah 8-1.

"Ini pasti juga tidak mudah. Apalagi, akhir-akhir ini penampilan lawan juga baik dan trennya lagi naik. Jadi, kami harus mewaspadai lawan. Nanti kami akan melihat rekaman video pertandingan lawan," ujar Rian.

Sementara itu, Leo/Bagas sukses mencapai babak perempat final setelah menghentikan kompatriot mereka, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani.

Selanjutnya, Leo/Bagas akan bentro dengan pasangan Jepang, Kenya Mitsuhashi/Hiroki Okamura, yang mencapai perempat final usai menghentikan pasangan China Taipei, Chiu Hsiang Chieh/Wang Chi-Lin.

"Setelah ini kami akan melakukan evaluasi bersama pelatih. Apa yang masih kurang, bisa diperbaiki untuk menghadapi pertandingan besok. Semoga besok bisa tampil lebih baik lagi," kata Leo.

Jika sama-sama sanggup melewati babak perempat final maka Fajar/Rian dan Leo/Bagas dipastikan bersua di semifinal, yang berarti satu tiket final ganda putra sudah di tangan.