Bagikan:

JAKARTA – Ganda-ganda putra Indonesia mendominasi babak perempat final Jepang Open 2024 dengan menempatkan sebanyak tiga wakil di fase tersebut.

Tiket terbaru didapat oleh pasangan Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin setelah mengalahkan wakil China Taipei, Fang Chih Lee/Fang Jen Lee, dua gim langsung 21-16 dan 21-12 pada Kamis, 22 Agustus 2024, siang WIB.

"Saya bersyukur bisa meraih kemenangan dan melangkah ke babak delapan besar. Pertandingan tadi juga tidak gampang," ujar Fikri.

Hasil ini membuat Fikri/Daniel menyusul dua rekan mereka, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana, yang sudah terlebih dahulu lolos.

Fajar/Rian mendapat tiket setelah menghentikan pasangan Malaysia, Choong Hon Jian/Muhammad Haikal. Sementara Leo/Bagas menghentikan kompatriot mereka, Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani.

Tiga wakil ganda putra di perempat final ini merupakan yang terbanyak jika dibandingkan negara lainnya. Menyusul di urutan kedua dengan wakil terbanyak adalah Malaysia, yang punya dua pasangan.

Pada babak perempat final, Jumat, 23 Agustus 2024, Fikri/Daniel akan berhadapan dengan wakil China, Chen Bo Yang/Liu Yi. Pasangan ini mencapai delapan besar usai menghentikan unggulan ketujuh asal China Taipei, Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan.

"Menghadapi pertandingan besok, kami juga harus lebih siap. Tampil percaya diri. Yang tidak kalah penting, komunikasinya di lapangan terus dijaga," kata Fikri.

Keberhasilan ganda putra ini gagal diikuti oleh tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo dan ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Terbaru, Ester Nurumi Tri Wardoyo yang merupakan tunggal putri satu-satunya juga ikut gugur.

Artinya, Indonesia sudah tidak punya wakil nomor tunggal putra, tunggal putri, dan ganda campuran lagi dalam turnamen berlevel Super 750 BWF.

Indonesia tinggal berharap ke sektor ganda putra untuk bisa membawa pulang gelar dari Jepang Open 2024.