Menteri Basuki Targetkan Persiapan Stadion di Aceh untuk PON XXI Rampung Akhir Agustus

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan arena (venue) atau stadion yang akan digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara Tahun 2024 bakal rampung pada akhir Agustus mendatang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut, PON XXI merupakan event nasional. Sehingga, kata dia, semua pihak harus ikut bertanggung jawab untuk menyukseskan.

"Saya minta 31 Agustus 2024 selesai, rapi dan bisa fungsional. Harus baik dan jangan dikurangi kualitasnya," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis, 22 Agustus.

Adapun dukungan penyelenggaraan PON XXI dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatra Utara Direktorat Jenderal Bina Marga, di antaranya tengah menyelesaikan pembangunan Jalan Sport Center di Provinsi Sumatra Utara yang terdiri dari jalan utama, jalan dalam kawasan, lapangan parkir dan pelataran gedung.

Dukungan Jalan Sport Center terdiri dari empat paket pekerjaan. Paket I yakni, jalan utama sepanjang 2,1 kilometer (km) dengan progres 32 persen. Paket ini dikerjakan oleh kontraktor PT Trimurti Perkasa dengan anggaran Rp71,9 miliar.

Lalu Paket II, yaitu jalan dalam kawasan sepanjang 1,1 km yang progresnya sudah 32 persen, dikerjakan kontraktor PT Arkan Putra Tama dengan anggaran mencapai Rp34,5 miliar.

Berikutnya ada Paket III, yakni parkir dan pelataran gedung yang progresnya sudah 32 persen, dikerjakan PT Sumatera Pioneer Building material dengan anggaran Rp66,1 miliar.

Terakhir Paket IV, yakni jalan sepanjang 8 meter (m), parkiran dan parkir persegi dengan capaian progres sebesar 45 persen. Proyek ini dikerjakan PT Gardapati Sarana Indonesia dengan anggaran mencapai Rp38,7 miliar.

Di samping itu, untuk mendukung PON XXI, BBPJN Sumatra Utara juga membangun kawasan gateball di Kecamatan Medan Deli, Kota Medan. Kawasan ini terdiri dari lima lapangan gateball yang ditargetkan selesai pada 31 Agustus 2024.

Saat ini, tiga dari lima lapangan telah rampung dibangun dengan progres total mencapai 39 persen. Pembangunan kawasan gateball dilaksanakan oleh kontraktor CV. Minggos Putra dengan nilai kontrak Rp11 miliar.

Sementara itu, Kasatker PJN Wilayah IV Provinsi Sumatra Utara Rahmad Parulian memastikan infrastruktur jalan Sport Center Sumatra Utara akan rampung pada 31 Agustus 2024.

"Untuk penunjang PON sudah siap digunakan 31 Agustus 2024, menyusul utilitas pendukung lainnya yang akan disempurnakan di akhir tahun," ungkapnya.