Berhubungan Seks dengan 700 Wanita dan Ancaman Kematian: Kisah Hidup 'Si Playboy' Antonio Cassano

JAKARTA - Bagi kebanyakan anak yang tumbuh di daerah yang dilanda kemiskinan, ketenaran dan prestise menjadi pesepak bola profesional adalah impian mereka.

Antonio Cassano tidak berbeda. Berasal dari distrik kelas pekerja San Nicola di Bari Vecchia, Cassano tumbuh hanya bersama ibunya.

Begitulah situasi ekonomi putus asa mereka. Cassano sering bertaruh melawan anak-anak yang lebih tua bahwa dia bisa mengalahkan mereka dalam bermain sepak bola demi membeli makanan yang lantas diletakan di meja makan mungil di rumahnya.

Dia dengan cepat menemukan takdirnya. Naik pangkat di Bari sebelum pindah ke juara Italia Roma saat baru berusia 19 tahun. Lima tahun kemudian dia bergabung dengan Real Madrid tetapi hanya mencetak empat gol dalam dua musim dan kembali ke Italia.

Dia pensiun pada usia 35 tahun setelah berseragam Sampdoria, Milan, Inter dan Parma.

Autobiografinya yang dirilis tahun 2010, Dico Tutto (Saya Akan Memberitahu Anda Segalanya) menguraikan bagaimana sepak bola baginya, seperti bagi banyak orang lain, merupakan pelarian.

“Itu membawa saya jauh dari masa depan keberengsekan yang potensial,” jelasnya dilansir dari Daily Star, Jumat, 26 Maret.

Kepribadian Cassano yang mudah berubah setidaknya sebagian disebabkan oleh pola asuh yang keras, karena harus menjaga dirinya sendiri.

Dia adalah pemain yang tahu seperti apa penderitaan itu dan dia akan terus menikmati setiap momen ketenaran dan kekayaannya. Dia dengan cepat mendapatkan reputasi menikmati gaya hidup playboy-nya.

Cassano mengatakan dia pernah tidur dengan sekitar 600 sampai 700 wanita - termasuk sekitar 20 selebritas - pada saat dia berusia 25 tahun. Dia menambahkan, dia sering bermain bagus di atas lapangan setelah berhubungan seks.

Selama berada di Madrid, dia mendapat julukan 'El Gordito' - si gendut - karena ususnya yang sedang tumbuh; akibat dari kebiasaan makan yang buruk, kurangnya disiplin diri dan kecintaannya pada pesta.

Pelatihnya di ibu kota Spanyol, Fabio Capello, menemukan istilah 'Cassanata' - yang berarti 'melakukan Cassano'. Itu dimaksudkan untuk menghina, menunjukkan kurangnya rasa hormat dan profesionalisme.

Cassano mengalami momen yang mengancam jiwa saat bermain untuk Milan di Roma pada Oktober 2011, saat ia didiagnosis menderita stroke iskemik. Dia harus menjalani operasi jantung dan ancaman kematian tampak di depan mata.

Tapi, hal itu membuatnya lebih fokus bermain sepak bola. Penampilannya yang bagus membuatnya mendapatkan tempat di tim Italia yang mencapai final Piala Eropa 2012. Tapi dia segera kembali menjadi berita utama karena semua alasan yang keliru.

Dia memicu kemarahan dalam konferensi pers dengan menyatakan bahwa dia berharap tidak ada homoseksual di skuat Italia, karena dia akan menolak untuk bermain bersama orang itu.

Meskipun demikian, dia membantu Azzurri mencapai final tahun itu. Namun kontroversi tidak pernah hilang - pada bulan April 2013 dia terlibat dalam perkelahian di ruang ganti dengan pelatihnya saat itu di Inter, Andrea Stramaccioni, setelah diskusi yang memanas meluap.

Cassano berhasil mencapai dua digit gol dalam satu musim, hanya sekali dalam tujuh musim terakhirnya sebagai seorang profesional. Dia lantas mengalami serangkaian pengumuman pensiun yang aneh pada tahun 2017.

Pada bulan Juli, ia menandatangani kontrak dengan Hellas Verona dan memainkan dua pertandingan persahabatan untuk klub, sebelum secara tiba-tiba dan tak terduga mengumumkan bahwa ia pensiun dari klub.

Sehari kemudian, dia menarik keputusannya tetapi kemudian mengonfirmasi sekali lagi bahwa dia tidak akan bermain lagi.

Cassano adalah kisah nyata dari kekayaan yang memadukan bakat olahraga yang diberikan Tuhan dengan kepribadian yang tangguh yang sering kali rentan terhadap kehancuran diri.

Satu pertanyaan yang tersisa dari kariernya adalah seberapa jauh dia bisa mendorong dirinya jika dia menghindari gangguan di luar lapangan?