Ridwan Kamil Lapor ke Gibran soal Alasan Visi Jakarta Baru

JAKARTA - Calon gubernur Jakarta yang diusung 12 partai politik, Ridwan Kami,l menjelaskan alasan nama visi Jakarta Baru yang diusungnya bersama calon wakil gubernur Suswono.

Alasan tersebut juga disampaikan kepada wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri deklarasi cagub-cawagub yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. 

"Mas Gibran saya lapor kenapa visinya Jakarta baru? Karena Jakarta sedang ditanya oleh warganya, sedang ditanya oleh dunia apa jadinya, apa imajinasinya Jakarta sejak ditinggal oleh Nusantara menjadi ibu kota di Kalimantan. Kita akan melakukan namanya re-imajinasi bersama seluruh warga Jakarta. Akan kemana arah Jakarta pasca IKN, itulah yang disebut dengan Jakarta baru," ujar Ridwan Kamil di Hotel Sultan, Jakarta, Senin, 19 Agustus.  

Dengan kekompakan visi selama lima tahun ke depan, pria yang akrab disapa RK itu meyakini akan ada lompatan-lompatan kemajuan yakni Jakarta Maju.

"Jadi imajinasi Jakarta baru insyaallah akan melahirkan semangat Jakarta Maju," kata mantan Gubernur Jawa Barat itu. 

Menurut RK, Gubernur Jakarta juga penting untuk satu frekuensi dengan Presiden dan Wakil Presiden di Pemerintah Pusat. Dia menilai, jika keduanya bersinergi maka akan mudah berkomunikasi. Pemda, kata dia, akan taat pada program-program pusat. 

"Sehingga saya bayangkan, lima tahun ke depan akselerasi pembangunan Jakarta akan berlipat-lipat karena satu frekuensinya Insyaallah kami dengan Pemerintah Pusat," katanya. 

RK menyebut dengan pengalamanya sebagai walikota Bandung selama 5 tahun, dibantu Suswono sebagai wakilnya yang punya pengalaman sebagai Menteri Pertanian era SBY maka kepemimpinannya akan memberikan kesempurnaan bagi Jakarta. 

"Saya juga Pak Ustadz Suwono sudah menunjukkan selama Wali Kota Gubernur saya sangat harmonis dengan Wakil saya karena memberikan ruang yang sangat optimal, dwi tunggal bersama-sama. Jadi tadi cepatnya bersama-sama tidak saling mendahului, pintarnya juga bersama-sama tidak saling menggurui, dan tajamnya juga sama-sama tidak saling melukai," ucap RK.