BYD Resmi Masuk Pasar Pakistan dengan Bawa Tiga Model Andalan

JAKARTA - Build Your Dream (BYD) terus memperluas kehadirannya di pasar global, kini merek China yang sukses dengan mobil ramah lingkungannya ini secara resmi memasuki pasar Pakistan.

Melansir Reuters, Senin, 19 Agustus, BYD membawa tiga model sekaligus di pasar otomotif Pakistan yang diperkenalkan pada 17 Agustus lalu, terdiri dari Dolphin, SUV Atto 3 dan sedan Seal, sama dengan tiga model pertama yang dikenalkan di Indonesia.

Demi keberlangsungan merambah pasar Pakistan, BYD telah bermitra dengan Mega Conglomerate Pvt, salah satu grup bisnis terbesar di Pakistan. Berdasarkan laporan Bloomberg kesepakatan yang dibuat juga terdiri dari jaringan dealer di pasar tersebut.

Sementara untuk penjualan mobil listrik BYD di Pakistan baru akan dimulai pada kuartal keempat, dan jenama asal China ini akan mendirikan ruang pameran di beberapa kota.

Tak hanya menghadirkan ragam mobil listrik saja, dilaporkan bahwa BYD juga berencana untuk mendirikan pabrik di Pakistan dengan produksi akan dimulai pada tahun 2026. Meskipun BYD telah mengonfirmasi rencana untuk memasuki pasar Pakistan, mereka menolak berkomentar mengenai pabrik tersebut.

Pabrik BYD di Pakistan sendiri dikabarkan akan dibangun di dekat Pelabuhan Qasim di Karachi yang telah menjadi lokasi pabrik perakitan perusahaan mobil Jepang dan Korea termasuk Toyota, Suzuki, dan Kia.

Sebagai tambahan informasi, BYD telah memasuki lebih dari 80 pasar secara global. Pada bulan Juli lalu, BYD membuka pabrik pertama yang dimiliki sepenuhnya di luar negeri di Thailand dengan produksi kendaraan energi baru ke-8 juta milik perusahaan tersebut. BYD juga memiliki pabrik JV di Uzbekistan dan pabrik yang sedang dibangun di Indonesia.