Jepang Open 2024: Ester Siap Pikul Beban Tunggal Putri

JAKARTA – Ester Nurumi Tri Wardoyo siap memikul beban tunggal putri Indonesia di Jepang Open 2024 setelah Gregoria Mariska Tunjung dipastikan absen dari turnamen tersebut.

Gregoria, peraih medali perunggu Olimpiade Paris 2024, batal bermain di turnamen berlevel Super 750 BWF itu karena terserang virus cacar air.

"Sayang, Kak Grego batal tampil. Meskipun begitu, saya akan tetap semangat. Apalagi ini turnamen pertama saya di Jepang Open. Saya akan tampil ngotot," ujar Ester dalam keterangan yang diterima.

Gregoria sudah merasa tidak enak badan sejak Jumat, 16 Agustus 2024, pagi. Sehingga, ia pun langsung dilarikan ke Rumah Sakit Medistra, Jakarta. Hasil pemeriksaan pun mengonfirmasi penyakitnya tersebut.

"Dari hasil lab berupa pemeriksaan darah yang telah dilakukan bahwa Gregoria mengalami infeksi virus dan dinyatakan terkena penyakit varicella (cacar air)," kata dokter Pelatnas PBSI, Tjahyadi Soegiono.

Absennya Gregoria membuat Ester menjadi satu-satunya tunggal putri Indonesia yang mengambil bagian di Jepang Open 2024 yang mulai berlangsung pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Dalam undian saat ini di situs BWF, Ester akan memulai perjuangannya dengan melawan tunggal putri asal Thailand, Pornpicha Choeikeewong.

Ini merupakan bentrok keenam antara kedua pebulu tangkis tersebut. Pada lima bentrok sebelumnya, Ester memegang rekor menang-kalah 4-1.

Indonesia total punya 11 wakil yang tersebar di empat sektor. Ganda putri menjadi satu-satu sektor yang tidak menurunkan wakilnya.

Ganda putra adalah sektor dengan wakil terbanyak (lima), menyusul tunggal putra (tiga), ganda campuran (dua), dan sisa satunya di nomor tunggal putri.