Bagikan:

JAKARTA – Tiga tunggal putri Indonesia yang diturunkan di turnamen Australia Open 2024 semuanya kompak melanjutkan perjalanan ke babak perempat final.

Ketiga nama itu ialah Putri Kusuma Wardani, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Komang Ayu Cahya Dewi. Semuanya kompak menang dua gim langsung atas lawan-lawan mereka pada Kamis, 13 Juni 2024, siang WIB.

Putri Kusuma Wardani melewati babak kedua turnamen setelah menghentikan tunggal putri India, Anupama Upadhyaya, dengan skor akhir 21-11 dan 21-18.

"Lawan pada gim kedua mulai menemukan pola. Ini berbeda dengan di gim pertama. Permainan lawan juga lebih ulet dan lebih menekan. Pas poin-poin kritis saya bermain nekat saja," ujar Putri selepas laga.

Putri yang menjadi unggulan keenam di turnamen ini selanjutnya akan bertemu dengan unggulan kedua asal Jepang, Aya Ohori. Rekor menang-kalah 1-0 sejauh ini menjadi milik Putri.

Satu-satu kemenangan kompetitif Putri kontra Ohori terjadi pada awal tahun lalu ketika mereka berhadapan di Indonesia Masters 2023. Putri saat itu menang setelah melalui laga rubber game.

"Untuk menghadapi pertandingan perempat final, melawan siapa pun saya sudah siap," kata Putri, yang juga merangkap profesi sebagai polisi wanita tersebut.

Sementara itu, di pertandingan lain, Komang mengalahkan Lauren Lam (Amerika Serikat) dan Ester Nurumi Tri Wardoyo menghentikan wakil India, Malvika Bansod, untuk mencapai delapan besar.

Kompak lolos membuat kedua wakil ini pun langsung saling berhadapan satu sama lain di perempat final yang akan berlangsung pada Jumat, 14 Juni 2024. Artinya, satu tiket semifinal buat Indonesia dari tunggal putri sudah ada di tangan.

Ester dan Komang sebelum ini sudah bentrok kompetitif sebanyak tiga kali. Dari jumlah itu, Ester unggul rekor menang-kalah 2-1 atas rekannya di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) PBSI.